18 Soal (Esai) Audit Manajemen Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Audit Manajemen

13. Apa yang dimaksud dengan Functional audit?

Jawaban:
Audit fungsional adalah audit yang berhubungan dengan satu atau lebih fungsi-fungsi dalam suatu organisasi, misalnya tentang efisiensi dan efektivitas dari fungsi penggajian dari suatu divisi atau perusahaan secara keseluruhan.


14. Apa yang dimaksud dengan Organizational audit?

Jawaban:
Audit organisasional adalah pemeriksaan yang menekankan kepada seberapa efisien dan efektif masing-masing fungsi dalam organisasi (departemen, cabang atau subsidiary) berinteraksi.
Rencana organisasi dan metode untuk mengoordinasi aktivitas-aktivitas sangat penting dalam audit organisasional.


15. Apa yang dimaksud dengan Special Assignments?

Jawaban:
Special Assignments Audit adalah audit yang timbul atas permintaan manajemen, misalnya untuk memeriksa penyebab tidak efektifnya sistem IT, meng-investigasi kemungkinan fraud di suatudivisi dan memberikan rekomendasi untuk mengurangi biaya produksi.


16. Tuliskan perbedaan antara management audit dan financial audit!

Jawaban:
Perbedaan antara management audit dan financial audit:
Management audit
a. Bisa dilakukan oleh internal auditor atau konsultan manajemen, selain itu di Indonesia management audit bisa dilakukan oleh BPKP dan BPK.
b. Pada akhir pemeriksaannya, auditor memberikan laporan kepada manajemen.
c. Fungsi laporan hasil audit manajemen adalah menyajikan temuan-temuan audit mengenai efektivitas sistem pengendalian manajemen, apakah kegiatan operasi perusahaan sudah dijalankan secara efisien, ekonomis, dan efektif.
d. Serta saran-saran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ditemukan selama pelaksanaan audit manajemen.
e. Biasanya dilakukan jika manajemen merasakan adanya kebutuhan, misalnya jika laba perusahaan terus turun, biaya terus meningkat, terasa banyak terjadi pemborosan dan kecurangan, tujuan perusahaan yang sudah ditentukan tidak tercapai.
f. Kriteria dalam suatu audit manajemen bisa berupa kebijakan yang ditentukan manajemen, peraturan pemerintahan, peraturan asosiasi.
Financial Audit
a. Harus dipimpin oleh seorang registered accountant dari sebuah kantor akuntan publik.
b. Pada akhir pemeriksaannya, auditor harus memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan yang telah disusun manajemen.
c. Selain itu memberikan management letter yang memberitahukan kepada manajemen mengenai kelemahan-kelemahan dalam pengendalian intern dan saran-saran perbaikan.
d. Dilakukan secara rutin
e. Pemeriksaan dilakukan dengan berpedoman pada standar profesional Akuntan Publik yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).
f. Kriteria dalam financial audit sudah yaitu ETAPS/PSAK/IFRS


17. Tuliskan Teknik Evaluasi atas management control system yang terdapat di perusahaan !

Jawaban:
Teknik Evaluasi atas management control system yang terdapat di perusahaan
Biasanya menggunakan internal control questionnaires atau flow chart atau penjelasan naratif dan pengetesan atas beberapa transaksi perusahaan untuk menguji efektivitas dari penerapan sistem pengendalian manajemen perusahaan.


18. Tuliskan Teknik Compliance Test (Pengujian Ketaatan)!

Jawaban:
Teknik Compliance Test (Pengujian Ketaatan)
Untuk menguji apakah kriteria yang berlaku (bisa kebijakan perusahaan, peraturan pemerintah, standar profesi) sudah ditaati oleh setiap bagian dalam perusahaan.