88 Soal (Esai) Pasar Modal Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Pasar Modal


60. Apa yang dimaksud dengan risiko riil?

Jawaban:
Risiko Riil adalah risiko yang terlihat, bisa dihitung, bisa diantisipasi dan bisa dihindari.


61. Meliputi apa sajakah lembaga dan profesi yang terdapat di pasar modal Indonesia?

Jawaban:
9 Lembaga Penunjang Pasar Modal di Indonesia
1. Badan Pengawas Pasar Modal
2. Bank Kustodian
3. Biro Administrasi Efek
4. Wali Amanat
5. Pemeringkat Efek
6. Perusahaan Emiten
7. Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP)
8. Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP)
9. Ahli Syariah Pasar Modal


62. Tuliskan Pengertian Lembaga Penunjang Pasar Modal!

Jawaban:
Lembaga penunjang pasar modal adalah pihak yang berperan aktif dalam menjalankan aktivitas pasar modal sehingga terciptanya stabilitas dan kelancaran transaksi perdagangan. Selain itu, badan memiliki tugas dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat umum.


63. Jelaskan Peran Lembaga Penunjang Pasar Modal!

Jawaban:
Keberadaan lembaga ini sangat penting dalam keberlangsungan kegiatan perdagangan. Adapun peran lembaga penunjang pasar modal adalah berikut ini.
1. Memastikan Keamanan dan Kelancaran Transaksi dalam Pasar Modal
Risiko transaksi dalam pasar modal bisa saja terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, peran lembaga penunjang pasar modal adalah memastikan keamanan dan kelancaran transaksi perdagangan. Fungsi utamanya lembaga ini menciptakan kegiatan transaksi secara nyaman.
2. Memfasilitasi Emiten Melakukan Initial Public Offering (IPO)
Perusahaan yang ingin berkesempatan membuka kepada masyarakat untuk turut serta menjadi bagian kepemilikan perusahaan harus terdaftar dalam Initial Public Offering (IPO). Salah satu peran lembaga penunjang pasar modal adalah menjadi fasilitator dalam proses IPO tersebut.
3. Menyediakan Informasi Instrumen Valid Bagi Investor
Sebagian investor mengalami kesulitan dalam memilih instrumen pasar modal yang tepat. Oleh karena itu, sudah menjadi peran lembaga penunjang pasar modal dalam menyediakan informasi valid dan benar terkait berbagai instrumen yang tersedia kepada investor. Sehingga investor bisa memeprtimbangkannya lebih matang.
4. Memberikan Layanan Investasi Kepada Masyarakat Umum
Terakhir, peran lembaga penunjang pasar modal adalah sebagai jembatan antara pihak pasar modal kepada masyarakat umum. Sehingga memberikan layanan investasi kepada masyarakat merupakan tugas wajib pihak ini. Agar masyarakat umum mendapatkan akses informasi dan layanan investasi yang akurat.


64. Jelaskan Peran Badan Pengawas Pasar Modal!

Jawaban:
Badan Pengawas Pasar Modal atau Bapepam-LK merupakan badan yang bergerak untuk mengawasi aktivitas pasar modal. Lembaga ini berusaha melindungi kepentingan investor, emiten, dan masyarakat. Tak hanya itu, Bapepam-LK juga berwenang dalam menyusun dan menerapkan peraturan terkait pasar modal. Apabila terdapat permasalahan yang diajukan oleh pihak pelaku pasar modal, maka Badan Pengawas Pasar Modal harus turut serta membantu menyelesaikannya. Saat ini, peran Bapepam-LK sebagai lembaga penunjang pasar modal telah berganti menjadi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dalam menjalankan tugas dan perannya, Badan Pengawas ini berada di bawah Kementerian Keuangan. Tak heran, kedua lembaga ini melakukan banyak koordinasi terkait kebijakan pasar modal.


65. Jelaskan Peran Bank Kustodian!

Jawaban:
Bank Kustodian adalah badan yang menerima harta dan menyimpan seluruh efek baik dari dividen, bunga, dan hak-hak efek pihak pasar modal. Tak hanya itu saja, lembaga ini juga berperan dalam menemukan solusi atas masalah yang terjadi dalam transaksi efek dan menjadi pihak perwakilan nasabah. Tidak semua pihak dapat menjadi bank kustodian. Terdapat beberapa kriteria dan syarat tertentu yang diajukan oleh pemerintah sehingga bank kustodian mampu beroperasi secara terpercaya.


66. Jelaskan Peran Biro Administrasi Efek

Jawaban:
Biro Administrasi Efek adalah pihak yang bertugas sebagai fasilitator bagi perusahaan emiten dan investor dalam menjalankan kegiatan di bursa efek. Dalam hal ini, Biro Administrasi Efek akan membantu pengelolaan sistem administrasi efek di pasar perdana dan sekunder. Tindakan mencatat dan memindahkan kepemilikan efek dengan kontrak yang telah disusun bersama emiten merupakan fungsi lain sebagai Biro Administrasi Efek. Lembaga ini bersifat opsional bagi investor atau emiten. Karena jasa penanganan administrasi efek tidak seluruh pihak sanggup mengelolanya.


67. Jelaskan Peran Wali Amanat!

Jawaban:
Wali amanat adalah wakil dari investor atau pemegang saham dalam menangani hal berkaitan dengan transaksi pasar modal. Lembaga ini juga bisa berperan seperti pengacara dimana mengajukan tuntutan hingga ranah pengadilan bila pelaku pasar modal mengalami masalah yang harus diselesaikan dalam jalur hukum.


68. Jelaskan Peran Pemeringkat Efek!

Jawaban:
Pemeringkat efek adalah lembaga yang berfungsi melakukan pemeringkatan dan memberi peringkat terhadap suatu efek yang meraih level tertentu. Dalam menjalankan tugasnya, pemeringkat efek harus bersikap obyektif, independen, tidak terpengaruh pihak lain, dan mempertanggungjawabkan penilaian hasil peringkat suatu instrumen.


69. Jelaskan Peran Perusahaan Emiten!

Jawaban:
Lembaga penunjang pasar modal di Indonesia yang tak kalah penting yakni perusahaan emiten. Badan ini berfungsi sebagai pihak yang menerbitkan surat berharga dan mempunyai sejumlah portofolio efek untuk diperdagangkan kepada investor. Emiten hadir untuk membuka kesempatan masyarakat dalam berinvestasi sehingga perusahaan mendapatkan modal dalam rangka memajukan bisnisnya.


70. Jelaskan Peran Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP)!

Jawaban:
Lembaga Kliring dan Penjaminan atau (LKP) yaitu pihak penyedia layanan jasa kliring dan menjamin dalam menyelesaikan kasus atau masalah dalam transaksi di bursa efek. Lembaga yang mendapatkan izin usaha sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan yaitu PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).


71. Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP)!

Jawaban:
Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian atau (LPP) yakni penyelenggara segala jenis aktivitas bank kustodian dan perusahaan efek berupa kustodian sentral. Satu-satunya lembaga yang dipercaya menjadi LPP di Indonesia adalah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).


72. Jelaskan Peran Ahli Syariah Pasar Modal!

Jawaban:
Pasar modal tidak hanya bersifat konvensional saja. Terdapat pasar modal syariah sebagai perdagangan dengan prinsip syariah. Oleh sebab itu, lembaga penunjang pasar modal syariah juga diperlukan, yaitu ahli syariah pasar modal. Pihak terkait dapat dari individu perseorangan atau badan usaha dengan syarat memiliki kapasitas pengetahuan memadai. Lembaga ini berfungsi sebagai penyedia informasi, pemberi nasihat, dan pengawas dalam penerapan prinsip syariah di pasar modal.


73. Apa fungsi profesi akuntan di dalam pasar modal?

Jawaban:
Peran akuntan publik di pasar modal adalah memeriksa laporan keuangan dan memberikan pendapat terhadap laporan keuangan. Di pasar modal dituntut pendapat wajar (unqualified) terhadap laporan keuangan dari perusahaan yang akan menerbitkan saham baru (Initial Public Offering) atau yang telah terdaftar di bursa.


74. Apa tugas kantor administrasi efek yang merupakan lembaga penunjang di dalam mekanisme pasar modal?

Jawaban:
Tugas utama dari biro administrasi efek adalah melakukan pencatatan serta pemindahan di setiap kepemilikan efek. Setiap pencatatan kepemilikan efek yang dilakukan biro administrasi efek, terikat berdasarkan kontrak dengan emiten yang membutuhkan jasa penanganan administrasi efek.


75. Apa bedanya lembaga penunjang pasar modal dan lembaga profesi penunjang pasar modal?

Jawaban:
Lembaga penunjang pasar modal tersebut terdiri dari Biro Administrasi Efek, Bank Kustodian, Wali Amanat, dan Pemeringkat Efek. Sedangkan, profesi penunjang pasar modal terdiri dari antara lain Akuntan Publik, Notaris, Konsultan Hukum, dan Penilai.


76. Apakah akuntan publik perlu berperan di pasar modal Indonesia?

Jawaban:
Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) berperan penting bagi industri pasar modal. Bahkan, otoritas Bursa selalu merangkul akuntan public untuk bekerja sama dalam mendorong perusahaan untuk go public melalui penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO).


77. Apa fungsi dari Lembaga Penjamin Efek investor di pasar modal?

Jawaban:
OJK berperan dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan kegiatan di pasar modal Indonesia, sehingga kegiatan di bidang pasar modal dapat berjalan secara teratur dan transparan dan mencegah adanya tindak kecurangan yang dilakukan oleh pelaku pasar modal yang dapat merugikan investor


78. Apa saja tugas dari penjamin emisi?

Jawaban:
Tugas Penjamin Emisi Efek: Menjamin penjualan efek dan pembayaran keseluruhan nilai efek yang diemisikan kepada emiten. Jika terdapat penjaminan yang dilakukan beberapa penjamin emisi (sindikasi), maka salah satu diantaranya bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi.


79. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penjamin emisi efek underwriter dan tugas tugasnya?

Jawaban:
Penjamin Emisi Efek (Underwriter) adalah pihak yang membuat kontrak dengan emiten untuk melakukan penawaran umum bagi kepentingan emiten dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.


80. Apakah peranan penjamin dalam penerbitan obligasi?

Jawaban:
Ada beberapa pihak yang terlibat dalam penerbitan obligasi, salah satunya adalah pihak perbankan. ... Dalam hal ini, penjamin efek bertindak sebagai pihak yang menjamin atas keberhasilan penjualan efek. Contohnya seperti WSBP menunjuk PT BNI Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin emisi obligasi.


81. Apa yang dimaksud dengan obligasi?

Jawaban:
Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi, beserta perjanjian untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya pada waktu yang ditentukan.


82. Apa yang dimaksud dengan obligasi negara?

Jawaban:
Obligasi pemerintah adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia..


83. Apa yang dimaksud dengan obligasi perusahaan?

Jawaban:
Obligasi swasta atau obligasi perusahaan yang dalam istilah asing dikenal sebagai corporate bond adalah obligasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh korporasi atau perusahaan baik berupa BUMN maupun korporasi lainnya. ... Namun secara tegas istilah ini hanya digunakan bagi obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan.


84. Jelaskan apa yang dimaksud dengan obligasi syariah?

Jawaban:
Obligasi syariah itu merupakan surat berharga jangka panjang berdasarkan prinsip syariah yang di keluarkan emiten kepada pemegang obligasi syariah berupa bagi hasil/margin/fee serta membayar kembali dana obligasi pada saat jatuh tempo


85. Mengapa obligasi syariah bukan surat utang?

Jawaban:
Obligasi syariah bukan merupakan hutang bunga tetap,tetapi lebih merupakan penyertaan dana yang didasarkan pada prinsip bagi hasil. Transaksinya tidak akan utang piutang melainkan penyertaan. Obligasi sejenis ini lazim dinamakan muqaradhah bond, dimana muqaradhah merupakan nama lain dari Mudharabah.


86. Apa singkatan KPEI?

Jawaban:
Didirikan di Jakarta pada 23 Desember 1997 dan memperoleh izin usaha pada 11 November 1998, KSEI merupakan salah satu Self-Regulatory Organization (SRO) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).


87. Apa perbedaan KPEI dan KSEI?

Jawaban:
Kpei untuk menyediakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa yang teratur, wajar dan efisien. KSEI menyediakan jasa kustodian sentral dan penyelesaian transaksi efek yang teratur, wajar dan efisien.


88. Siapa saja pemakai jasa KSEI?

Jawaban:
Sementara itu, pemakai jasa KSEI selaku pengguna S-INVEST terdiri dari Agen Penjual Reksa Dana sebagai distributor unit kepemilikan Reksa Dana, Manajer Investasi sebagai pengelola investasi Reksa Dana, Bank Kustodian sebagai pihak yang bertanggung jawab atas administrasi dan penyimpanan aset Reksa Dana,