20 Soal Apresiasi Karya Seni Teater Beserta Jawaban
Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Apresiasi Karya Seni Teater
1. Meskipun sebuah pertunjukan misalnya didukung oleh set atau property yang mewah, tata cahaya yang sempurna, kostum gemerlap dan efek teknologi yang sangat canggih, suasana akan membosankan, monoton dan terasa mati bila tidak memperhatikan….
A. warna
B. nada
C. lakon
D. tangga nada
E. irama dan tempo
Jawaban:
E. irama dan tempo
E. irama dan tempo
2. Pihak yang harus peka dengan persoalan irama dan tempo yang berkaitan dengan tempat dan waktu tertentu adalah….
A. sutradara
B. manajer
C. pemain
D. naskah
E. tata panggung
A. sutradara
B. manajer
C. pemain
D. naskah
E. tata panggung
Jawaban:
A. sutradara
A. sutradara
3. Irama dan tempo menuntun penonton melalui gerak laku dan cerita secara….
A. tersendat-sendat
B. discontinue
C. terpatah-patah
D. terputus-putus
E. terus menerus
A. tersendat-sendat
B. discontinue
C. terpatah-patah
D. terputus-putus
E. terus menerus
Jawaban:
E. terus menerus
E. terus menerus
4. Memproduksi atau membuat sebuah pertunjukan teater bisa dilakukan oleh siapa saja, tergantung pada…..
A. tujuan
B. uang
C. kesempatan
D. lingkungan
E. orang lain
A. tujuan
B. uang
C. kesempatan
D. lingkungan
E. orang lain
Jawaban:
A. tujuan
A. tujuan
5. Berikut yang termasuk komponen dekorasi, kecuali….
A. kursi
B. meja
C. tirai
D. kostum
E. pepohonan
A. kursi
B. meja
C. tirai
D. kostum
E. pepohonan
Jawaban:
D. kostum
D. kostum
6. Berlari, bergulung-gulung, melompat, dan sebagainya merupakan contoh gerak….
A. gestikulasi
B. teaterikal
C. gestures
D. intonasi
E. movement
A. gestikulasi
B. teaterikal
C. gestures
D. intonasi
E. movement
Jawaban:
E. movement
E. movement
7. Berikut yang bukan contoh gerak halus adalah….
A. marah
B. menulis
C. sedih
D. gembira
E. riang
A. marah
B. menulis
C. sedih
D. gembira
E. riang
Jawaban:
B. menulis
8. Pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pendengar atau penonton dapat mengerti pada kata-kata yang diucapkan disebut….
A. artikulasi
B. gestikulasi
C. pemeranan
D. gerak
E. tekanan
A. artikulasi
B. gestikulasi
C. pemeranan
D. gerak
E. tekanan
Jawaban:
A. artikulasi
A. artikulasi
9. Gerak pada raut muka kita atau perubahan mimik, atau yang lebih dikenal lagi dengan ekspresi disebut gerak….
A. teaterikal
B. spontan
C. imitasi
D. halus
E. kasar
A. teaterikal
B. spontan
C. imitasi
D. halus
E. kasar
Jawaban:
D. halus
D. halus
10. Setelah rancangan keseluruhan pentas terbentuk, mulai dari jenis dan nilai naskah, teknik penyutradaraan, pemeranan, desain yang akan digunakan dan dipahami serta disepakati oleh setiap anggota produksi, maka sutradara mulai melakukan…..
A. pendesainan
B. penggambaran
C. perencanaan
D. latihan
E. pengevaluasian
A. pendesainan
B. penggambaran
C. perencanaan
D. latihan
E. pengevaluasian
Jawaban:
D. latihan
D. latihan
11. Tiga prinsip seni pertunjukan teater secara tidur, yaitu…..
A. tempat, pekerja, dan penonton
B. tempat, pekerja, dan dekorasi
C. tempat, pekerja, dan waktu
D. dekorasi, lampu, dan waktu
E. waktu, tempat, dan peralatan musik
A. tempat, pekerja, dan penonton
B. tempat, pekerja, dan dekorasi
C. tempat, pekerja, dan waktu
D. dekorasi, lampu, dan waktu
E. waktu, tempat, dan peralatan musik
Jawaban:
A. tempat, pekerja, dan penonton
A. tempat, pekerja, dan penonton
12. Tempat untuk pementasan di depan ruangan dan dibatasi oleh penyekat yang memisahkan dengan ruang untuk penonton serta lantai panggung lebih tinggi daripada lantai penonton, merupakan salah satu ciri panggung…..
A. arena
B. biasa
C. terbuka
D. tingkat
E. susun
A. arena
B. biasa
C. terbuka
D. tingkat
E. susun
Jawaban:
B. biasa
B. biasa
13. Adanya pemisahan yang tegas antara penonton dan tempat pemain adalah salah satu karakteristik teater…..
A. tradisional
B. nontradisional
C. klasik
D. kontemporer
E. nasional
A. tradisional
B. nontradisional
C. klasik
D. kontemporer
E. nasional
Jawaban:
B. nontradisional
B. nontradisional
14. Aspek kedua dari pertunjukan teater modern adalah adanya naskah yang ditulis terlebih dahulu sebelum melakukan…..
A. perencanaan
B. pengorganisasian
C. pementasan
D. pengevaluasian
E. penilaian
A. perencanaan
B. pengorganisasian
C. pementasan
D. pengevaluasian
E. penilaian
Jawaban:
D. pengevaluasian
D. pengevaluasian
15. Kita dapat menulis naskah teater berdasarkan…..
A. kehidupan sehari-hari
B. kehidupan orang lain
C. khayalan semata
D. a, b, dan c salah
E. a, b, dan c benar
A. kehidupan sehari-hari
B. kehidupan orang lain
C. khayalan semata
D. a, b, dan c salah
E. a, b, dan c benar
Jawaban:
E. a, b, dan c benar
E. a, b, dan c benar
16. Dalam kreasi teater, data satuan pristiwa yang sudah disusun kemudian dikembangkan menjadi….
A. lakon
B. desain
C. denah
D. sinopsis
E. klimaks
A. lakon
B. desain
C. denah
D. sinopsis
E. klimaks
Jawaban:
D. sinopsis
D. sinopsis
17. Setiap karangan biasanya terdiri atas tiga bagian struktur pokok atau kerangka karangan, yaitu….
A. pendahuluan, puncak dan penyelesaian
B. pendahuluan, klimaks, dan masalah
C. klimaks, masalah, dan resolusi
D. resolusi, masalah, dan klimaks
E. klimaks, penyelesaian, dan konflik
A. pendahuluan, puncak dan penyelesaian
B. pendahuluan, klimaks, dan masalah
C. klimaks, masalah, dan resolusi
D. resolusi, masalah, dan klimaks
E. klimaks, penyelesaian, dan konflik
Jawaban:
A. pendahuluan, puncak dan penyelesaian
A. pendahuluan, puncak dan penyelesaian
18. Puncak permasalahan dalam sebuah pementasan teater disebut….
A. konflik
B. klimaks
C. lakon
D. plot
E. alur
A. konflik
B. klimaks
C. lakon
D. plot
E. alur
Jawaban:
B. klimaks
B. klimaks
19. Pementasan tidak akan berjalan tanpa….
A. keegoisan
B. keributan
C. kegaduhan
D. kesombongan
E. kerja sama
A. keegoisan
B. keributan
C. kegaduhan
D. kesombongan
E. kerja sama
Jawaban:
E. kerja sama
E. kerja sama
20. Sinopsis dapat dikembangkan menjadi….
A. naskah
B. lakon
C. lambang
D. simbol
E. dekorasi
A. naskah
B. lakon
C. lambang
D. simbol
E. dekorasi
Jawaban:
A. naskah
A. naskah