14 Soal Sistem Sosial Budaya Beserta Jawaban
Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Sistem Sosial Budaya
1. Batasan pluralitas Furnivall yang merujuk pada keadaan Indonesia pada jaman Hindia Belanda adalah....
A. keseimbangan yang memelihara hubungan keragaman/pluralitas serta memelihara perbedaan melalui faktor-faktor kesamaan, pengikat dan kesatuan
B. keseimbangan sebagai penggabungan kesatuan-kesatuan sosial yang berbeda ke dalam suatu masyarakat politik
C. merujuk kepada suatu masyarakat yaitu yang terdiri dari dua elemen atau lebih elemen-elemen yang hidup secara sendiri-sendiri, terpilah tanpa ada pembaharuan satu sama lain di dalam suatu kesatuan politik
D. merujuk pada masyarakat majemuk dengan memelihara perbedaan dan konflik untuk kepentingan penjajah
Jawaban:
C. merujuk kepada suatu masyarakat yaitu yang terdiri dari dua elemen atau lebih elemen-elemen yang hidup secara sendiri-sendiri, terpilah tanpa ada pembaharuan satu sama lain di dalam suatu kesatuan politik
C. merujuk kepada suatu masyarakat yaitu yang terdiri dari dua elemen atau lebih elemen-elemen yang hidup secara sendiri-sendiri, terpilah tanpa ada pembaharuan satu sama lain di dalam suatu kesatuan politik
2. Yang dimaksud dengan diferensiasi tingkatan menurut North adalah diferensiasi yang merujuk pada....
A. pembagian kerja yang berdasarkan kedudukan sosial yang bersangkutan di masyarakat
B. ketimpangan yang menyangkut distribusi barang-barang yang dibutuhkan karena persediaan terbatas
C. berbagai kaidah/aturan yang digunakan sebagai patokan dalam bertindak dan bertingkah laku
D. pembagian kerja berdasarkan keahlian yang dimilikinya
A. pembagian kerja yang berdasarkan kedudukan sosial yang bersangkutan di masyarakat
B. ketimpangan yang menyangkut distribusi barang-barang yang dibutuhkan karena persediaan terbatas
C. berbagai kaidah/aturan yang digunakan sebagai patokan dalam bertindak dan bertingkah laku
D. pembagian kerja berdasarkan keahlian yang dimilikinya
Jawaban:
B. ketimpangan yang menyangkut distribusi barang-barang yang dibutuhkan karena persediaan terbatas
B. ketimpangan yang menyangkut distribusi barang-barang yang dibutuhkan karena persediaan terbatas
3. Tanda-tanda paling jelas dari masyarakat Indonesia yang bersifat majemuk di dalam kehidupan politik menurut Nasikun adalah....
A. tidak adanya kehendak bersama
B. kekuatan dominan bisa bergandeng tangan dengan kekuatan subordinat
C. adanya kemampuan pemerintah dalam menggalang kebersamaan
D. kehendak bersama merupakan dasar dari semua tindakan politik
A. tidak adanya kehendak bersama
B. kekuatan dominan bisa bergandeng tangan dengan kekuatan subordinat
C. adanya kemampuan pemerintah dalam menggalang kebersamaan
D. kehendak bersama merupakan dasar dari semua tindakan politik
Jawaban:
A. tidak adanya kehendak bersama
A. tidak adanya kehendak bersama
4. Berikut ini pandangan Nurcholis Madjid tentang Islam, sehubungan dengan aspek pluralitas kecuali....
A. Islam sangat menuntut toleran dan Islam memang agama yang toleran
B. hakikat agama adalah penyerahan diri pada Tuhan sehingga seharusnya semua orang adalah sama dalam segala hal
C. Tuhanlah yang berhak mengukur dan menentukan tinggi rendahnya seseorang, sedang manusia harus memandang manusia lain dengan semangat persamaan derajat
D. apabila Tuhan yang mutlak membiarkan adanya agama-agama yang berbeda, maka Tuhan juga menghendaki manusia yang tidak mutlak jangan memaksakan keyakinannya pada orang lain
A. Islam sangat menuntut toleran dan Islam memang agama yang toleran
B. hakikat agama adalah penyerahan diri pada Tuhan sehingga seharusnya semua orang adalah sama dalam segala hal
C. Tuhanlah yang berhak mengukur dan menentukan tinggi rendahnya seseorang, sedang manusia harus memandang manusia lain dengan semangat persamaan derajat
D. apabila Tuhan yang mutlak membiarkan adanya agama-agama yang berbeda, maka Tuhan juga menghendaki manusia yang tidak mutlak jangan memaksakan keyakinannya pada orang lain
Jawaban:
B. hakikat agama adalah penyerahan diri pada Tuhan sehingga seharusnya semua orang adalah sama dalam segala hal
B. hakikat agama adalah penyerahan diri pada Tuhan sehingga seharusnya semua orang adalah sama dalam segala hal
5. Sehubungan asal usul religi, melalui pendekatannya “tokoh dewa tertinggi”, Lang mengatakan bahwa....
A. di dalam jiwa manusia ada kemampuan gaib yang makin menguat seiring dengan melemahnya aktivitas akal pikir manusia yang rasional
B. kemampuan gaib dalam diri manusia akan menguat bila aktivitas akal pikir manusia menguat
C. eksistensi atas keberadaan yang gaib dapat membuat suatu organisme itu hidup dan bergerak atau mati
D. melalui mimpi manusia dapat melihat tubuh dan jiwanya berada di tempat lain dan terpisah
A. di dalam jiwa manusia ada kemampuan gaib yang makin menguat seiring dengan melemahnya aktivitas akal pikir manusia yang rasional
B. kemampuan gaib dalam diri manusia akan menguat bila aktivitas akal pikir manusia menguat
C. eksistensi atas keberadaan yang gaib dapat membuat suatu organisme itu hidup dan bergerak atau mati
D. melalui mimpi manusia dapat melihat tubuh dan jiwanya berada di tempat lain dan terpisah
Jawaban:
A. di dalam jiwa manusia ada kemampuan gaib yang makin menguat seiring dengan melemahnya aktivitas akal pikir manusia yang rasional
A. di dalam jiwa manusia ada kemampuan gaib yang makin menguat seiring dengan melemahnya aktivitas akal pikir manusia yang rasional
6. Pendapat Frazer bahwa manusia memecahkan berbagai persoalan hidupnya dengan menggunakan akal dan sistem pengetahuan yang ada batasnya, sesuai kemajuan kebudayaan manusia, terdapat dalam teori....
A. konsep mengenal azas-azas religi
B. batas akal
C. upacara bersaji
D. azas religi yang berpangkal dari upacara kematian
A. konsep mengenal azas-azas religi
B. batas akal
C. upacara bersaji
D. azas religi yang berpangkal dari upacara kematian
Jawaban:
B. batas akal
B. batas akal
7. Totemisme adalah bentuk religi yang....
A. didasarkan pada adanya kepercayaan kepada satu Tuhan saja dan dianggap sebagai satu-satunya pencipta dan penguasa alam
B. didasarkan pada kepercayaan hanya pada satu dewa/Tuhan dengan berbagai ritual untuk memuja dewa/T uhan tadi
C. ada di dalam masyarakat dengan kelompok-kelompok kekerabatan yang bersifat unilineal, dimana kelompok-kelompok unilineal ini dianggap sebagai titisan dewa/ruh nenek moyang
D. didasarkan pada adanya kepercayaan kepada dewa-dewa termasuk adanya upacara-upacara yang dimaksudkan untuk memuja dewa-dewa dimaksud
A. didasarkan pada adanya kepercayaan kepada satu Tuhan saja dan dianggap sebagai satu-satunya pencipta dan penguasa alam
B. didasarkan pada kepercayaan hanya pada satu dewa/Tuhan dengan berbagai ritual untuk memuja dewa/T uhan tadi
C. ada di dalam masyarakat dengan kelompok-kelompok kekerabatan yang bersifat unilineal, dimana kelompok-kelompok unilineal ini dianggap sebagai titisan dewa/ruh nenek moyang
D. didasarkan pada adanya kepercayaan kepada dewa-dewa termasuk adanya upacara-upacara yang dimaksudkan untuk memuja dewa-dewa dimaksud
Jawaban:
C. ada di dalam masyarakat dengan kelompok-kelompok kekerabatan yang bersifat unilineal, dimana kelompok-kelompok unilineal ini dianggap sebagai titisan dewa/ruh nenek moyang
C. ada di dalam masyarakat dengan kelompok-kelompok kekerabatan yang bersifat unilineal, dimana kelompok-kelompok unilineal ini dianggap sebagai titisan dewa/ruh nenek moyang
8. Agama asli orang Batak membagi Tuhan menurut fungsinya, yaitu sebagai berikut, kecuali.....
A. Tuan Bubi Na Bolon
B. Ompu Tuan Mula Jadi Na Bolon
C. Ompu Silaon Na Bolon
D. Tuan Pane Na Bolon
A. Tuan Bubi Na Bolon
B. Ompu Tuan Mula Jadi Na Bolon
C. Ompu Silaon Na Bolon
D. Tuan Pane Na Bolon
Jawaban:
B. Ompu Tuan Mula Jadi Na Bolon
9. Ritus K’bor adalah upacara yang dilakukan oleh masyarakat....
A. Batak yang memiliki anak laki-laki pertama di dalam keluarga itu
B. nelayan Madura untuk menghindari malapetaka dengan menyembelih kambing hitam (kambing cemani) dan sapi
C. Biak di Numfor berkaitan dengan upacara inisiasi anak laki-laki untuk memasuki masa dewasa yang secara simbolik ditandai dengan pemotongan mengiris bagian atas alat kel4min/p3nisnya
D. Sangir Talaud pada akhir bulan Januari dalam bentuk doa-doa dengan maksud agar warga masyarakat memperoleh kemakmuran dan kesejahteraan
A. Batak yang memiliki anak laki-laki pertama di dalam keluarga itu
B. nelayan Madura untuk menghindari malapetaka dengan menyembelih kambing hitam (kambing cemani) dan sapi
C. Biak di Numfor berkaitan dengan upacara inisiasi anak laki-laki untuk memasuki masa dewasa yang secara simbolik ditandai dengan pemotongan mengiris bagian atas alat kel4min/p3nisnya
D. Sangir Talaud pada akhir bulan Januari dalam bentuk doa-doa dengan maksud agar warga masyarakat memperoleh kemakmuran dan kesejahteraan
Jawaban:
C. Biak di Numfor berkaitan dengan upacara inisiasi anak laki-laki untuk memasuki masa dewasa yang secara simbolik ditandai dengan pemotongan mengiris bagian atas alat kel4min/p3nisnya
C. Biak di Numfor berkaitan dengan upacara inisiasi anak laki-laki untuk memasuki masa dewasa yang secara simbolik ditandai dengan pemotongan mengiris bagian atas alat kel4min/p3nisnya
10. Dilihat dalam konteks masyarakat Indonesia, negara Indonesia merupakan hasil perjuangan....
A. kerajaan-kerajaan yang tersebar di Indonesia yang bersatu
B. beberapa kelompok etnik di wilayah kolonisasi Belanda yang bersatu untuk melawan kolonialisme tersebut
C. suku bangsa Eropa dan Asia timur asing yang bertempat tinggal di wilayah kolonisasi Belanda
D. Etnik Asia timur asing dan pribumi yang dipimpin oleh penjajah Jepang
A. kerajaan-kerajaan yang tersebar di Indonesia yang bersatu
B. beberapa kelompok etnik di wilayah kolonisasi Belanda yang bersatu untuk melawan kolonialisme tersebut
C. suku bangsa Eropa dan Asia timur asing yang bertempat tinggal di wilayah kolonisasi Belanda
D. Etnik Asia timur asing dan pribumi yang dipimpin oleh penjajah Jepang
Jawaban:
B. beberapa kelompok etnik di wilayah kolonisasi Belanda yang bersatu untuk melawan kolonialisme tersebut
B. beberapa kelompok etnik di wilayah kolonisasi Belanda yang bersatu untuk melawan kolonialisme tersebut
11. Teori penyebab konflik antar etnik menurut Daniel L Byman adalah sebagai berikut, kecuali....
A. dilema keamanan kelompok etnik
B. perlindungan status
C. aspirasi rakyat
D. ambisi hegemoni
A. dilema keamanan kelompok etnik
B. perlindungan status
C. aspirasi rakyat
D. ambisi hegemoni
Jawaban:
C. aspirasi rakyat
C. aspirasi rakyat
12. Civic Nasionalism adalah membangun nasionalisme bangsa berdasarkan....
A. kelompok etnik tertentu yang cenderung pada kelompok etnik yang dominan
B. perbedaan budaya masing-masing kelompok pembentuknya
C. nilai-nilai universal, tidak melihat atribut-atribut etnik
D. ciptaan instilasi-instilasi oleh pemerintah yang dapat melegitimasi setiap identitas kelompok etnik yang berbeda
A. kelompok etnik tertentu yang cenderung pada kelompok etnik yang dominan
B. perbedaan budaya masing-masing kelompok pembentuknya
C. nilai-nilai universal, tidak melihat atribut-atribut etnik
D. ciptaan instilasi-instilasi oleh pemerintah yang dapat melegitimasi setiap identitas kelompok etnik yang berbeda
Jawaban:
C. nilai-nilai universal, tidak melihat atribut-atribut etnik
C. nilai-nilai universal, tidak melihat atribut-atribut etnik
13. Marginalisasi perempuan adalah suatu proses yang menempatkan perempuan pada....
A. suatu posisi yang dianggap sebagai tambahan, perempuan tidak penting atau tidak memiliki hak yang sama dengan laki-laki
B. pihak yang terpinggirkan sehingga menyebabkan kemiskinan
C. pihak yang mendapat cap, julukan/label yang dapat memberikan dampak merugikan dan ketidakadilan
D. obyek yang mudah diserang secara fisik maupun integritas mental psikologi perempuan
A. suatu posisi yang dianggap sebagai tambahan, perempuan tidak penting atau tidak memiliki hak yang sama dengan laki-laki
B. pihak yang terpinggirkan sehingga menyebabkan kemiskinan
C. pihak yang mendapat cap, julukan/label yang dapat memberikan dampak merugikan dan ketidakadilan
D. obyek yang mudah diserang secara fisik maupun integritas mental psikologi perempuan
Jawaban:
B. pihak yang terpinggirkan sehingga menyebabkan kemiskinan
B. pihak yang terpinggirkan sehingga menyebabkan kemiskinan
14. Menurut pandangan Islam konservatif, keterlibatan perempuan dalam dunia politik adalah....
A. tidak diperkenankan
B. diperkenankan untuk semua wilayah
C. diperkenankan untuk wilayah tertentu saja
D. tidak diperkenankan untuk penempatan yang belum berumah tangga
A. tidak diperkenankan
B. diperkenankan untuk semua wilayah
C. diperkenankan untuk wilayah tertentu saja
D. tidak diperkenankan untuk penempatan yang belum berumah tangga
Jawaban:
A. tidak diperkenankan
A. tidak diperkenankan