50 Soal (PG) Filsafat Sosial Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Filsafat Sosial


35. Untuk memahami fenomenologi, harus mengerti ide dunia tunggal, objektif dan absolut, yang merupakan sikap alamiah. Sikap ini sungguh-sungguh menolak....
A. persamaan dalam metode
B. persamaan dalam setiap pengetahuan
C. perbedaan dalam setiap pengetahuan
D. perbedaan dalam kebenaran khusus

Jawaban:
C. perbedaan dalam setiap pengetahuan


36. Pada dasarnya, menurut Husserl, intensionalitas adalah suatu tindakan yang berusaha memberi
makna objek. Tindakan itu jelas merupakan ciri kesadaran manusia yang bersifat...
A. rasional
B. unik
C. imanen
D. transenden

Jawaban:
D. transenden


37. Yang menjadi landasan historis sosiologi fenomenologis, pertama menurut Immanuel Kant, adalah pengetahuan tentang fenomena yang terbagi menjadi dua: bentuk dan isi. Pembagian itu memproduksi tindakan pengenalan manusia. Ide Kant itu disebut....
A. bentuk dan isionalisme
B. konsep formalisme
C. rasionalisme Kant
D. teori fenomenalisme

Jawaban:
A. bentuk dan isionalisme


38. Sebagai etnolog dan historian budaya, Vierkandt menjelaskan sosiologi dalam konteks cultural area. Konteks itu menjelaskan adanya hubungan antara sosiologi, ilmu pengetahuan dan budaya sama dengan....
A. hubungan antara matematika, biologi dan alam
B. hubungan antara matematika, fisika dan teknologi
C. hubungan dunia biologis, sejarah dan alam
D. hubungan dunia biologis, fisika dan teknologi

Jawaban:
B. hubungan antara matematika, fisika dan teknologi


39. Di dalam kehidupan sosial interaksi saya dan orang lain berada dalam situasi face to face, artinya....
A. bentuk hubungan dengan orang lain dalam tingkatan jauh
B. bentuk hubungan dengan orang lain dalam tingkatan konflik
C. subjektivitas orang lain melewati saya melalui gejala yang maksimum
D. subjektivitas orang lain menjauhi saya melalui gejala yang maksimum

Jawaban:
C. subjektivitas orang lain melewati saya melalui gejala yang maksimum


40. Teori kritis mendasarkan pada teori pengetahuan yang mampu mengatasi pertentangan dan sekaligus menggabungkan rasionalisme dan empirisme dalam filsafat yang disebut....
A. epistemology teori kritis
B. epistemolog Marx
C. epistemologi Hegel
D. epistemolog Kant

Jawaban:
D. epistemolog Kant


41. Perubahan radikal filsafat subjek ke filsafat komunikasi, menurut Habermas, menginterpretasikan validitas tentang....
A. norma-norma yang diatur oleh agama
B. norma-norma yang disepakati oleh masyarakat
C. subjek impertaif kategoris
D. kesadaran berkomunikasi

Jawaban:
B. norma-norma yang disepakati oleh masyarakat


42. Ada empat syarat yang sangat ditekankan oleh Jurgen Habermas dalam menjelaskan teori komunikasi salah satunya yaitu memahami dan menyelesaikan perbedaan kriteria...
A. validitas klaim-klaim teoretis, moral-praktis dan estetis dalam dialog melalui argumen
B. komunikasi ideal yang berpartisipasi aktif dalam diskursus dan bebas mengkritik sudut pandang yang lain
C. situasi dialog ideal yang berjalan bebas dari paksaan, dominasi dan permainan kuasa
D. konsensus rasional terbuka terhadap perubahan dan pertimbangan lebih lanjut

Jawaban:
A. validitas klaim-klaim teoretis, moral-praktis dan estetis dalam dialog melalui argumen


43. Habermas menjelaskan dua dimensi refleksivitas, yaitu reflektivitas epistemologis dan refleksivitas ontologis. Refleksi ontologis itu memperhatikan tentang.....
A. permasalahan dalam masalah sosial politik
B. permasalahan dalam suatu konteks sosial historis
C. persoalan bagaimana merefleksikan, mengarahkan dan mengontrol diri sendiri
D. persoalan apakah ilmu pengetahuan itu bebas nilai atau terikat nilai dalam refleksi diri dengan
dunia sosial

Jawaban:
D. persoalan apakah ilmu pengetahuan itu bebas nilai atau terikat nilai dalam refleksi diri dengan
dunia sosial


44. Posmodernisme dan Habermas menggusur kebenaran objektif dengan kebenaran hermeneutika,
sebab hermeneutika menghargai beberapa hal sebagai Berikut, kecuali....
A. perbedaan, dan partikularitas
B. objek kajian
C. subjektivitas
D. subjektivitas pembaca dan pendengar

Jawaban:
A. perbedaan, dan partikularitas


45. Gagasan Herbert Spencer mempengaruhi perkembangan sosiologi Amerika, sebab teorinya
menjelaskan bahwa masyarakat....
A. sedang menyukai ilmu dan produk informasi
B. sedang menyukai ilmu dan produk lifeskill
C. sedang menjalani proses industrialisasi
D. sedang menjalani proses modernisasi

Jawaban:
C. sedang menjalani proses industrialisasi


46. Sosiolog Amerika, duBois, merefleksikan kehidupannya sendiri dalam ide ras. Kata kunci dari ide ras adalah veil(selubung), yang berarti....
A. sekat yang jelas antara orang kulit hitam dan orang kulit kuning
B. sekat yang tidak jelas antara orang kulit hitam dan orang kulit putih
C. masing-masing ras dapat melihat ras lain, tapi sekaligus memisahkan ras-ras itu
D. masing-masing ras dapat melihat ras lain, dan sekaligus menyatukan ras-ras itu

Jawaban:
C. masing-masing ras dapat melihat ras lain, tapi sekaligus memisahkan ras-ras itu


47. Masyarakat Amerika abad ke-21 menampilkan integrasi teori mikro-makro, misal McDonalisasi pada masyarakat. Ada tiga akar teori dari integrasi mikro-makro Amerika, salah satu adalah....
A. strukturasi menurut Bourdieu
B. habitus menurut Giddens
C. budaya kapitalisme akhir Jameson
D. kolonisasi kehidupan dunia menurut Habermas

Jawaban:
D. kolonisasi kehidupan dunia menurut Habermas


48. Negara dalam pemikiran Thomas Aquinas adalah bentuk hidup yang tertinggi dan berada pada ranah yang bersifat kodrati. Sehingga, secara kodrati manusia diciptakan untuk merealisasikan kebajikan dan mengembangkannya sampai yang tetinggi, hal ini disebut dengan....
A. konsep manusia
B. konsep negara
C. tujuan negara
D. tujuan etika sosial

Jawaban:
C. tujuan negara


49. Filsafat Sosial menjelaskan hubungan moralitas dengan manusia yang terumuskan dalam konsep lex naturalis dan lex devina. Konsep lex devindijelaskan sebagai….
A. kebajikan yang kodrati
B. kebajikan yang adikodrati
C. kebijaksanaan manusia yang berada di bidang-bidang teologis yang terbatas
D. kebijaksanaan Tuhan yang berada di segala kritik

Jawaban:
D. kebijaksanaan Tuhan yang berada di segala kritik


50. Masyarakat modern dengan hegemoni teknologi dan sistem ekonomi mengubah subjek menjadi
objek, sehingga terjadi apa yang dikatakan Adorno “negativitas total” , yaitu....
A. kehilangan totalisme
B. kehilangan individualisme
C. k ehilangan kekuasaan objek
D. kehilangan kebebasan subjek

Jawaban:
D. kehilangan kebebasan subjek