91 Soal (Pilihan Ganda) Desain Multimedia Interaktif dan Jawaban
Kumpulan Soal Pilgan Materi Desain Multimedia Interaktif
1. Salah satu ciri dari Multimedia Interaktif adalah ....
A. Pengguna mempunyai keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut
B. Tidak ada interaksi antar user dengan media
C. Ada tombol navigasi yang menghubungkan antar halaman
D. Banyak sekali animasi yang di pakai dalam tiap halaman
E. User tidak bisa melakukan tindakan dan tidak mendapatkan respon
Jawaban:
A. Pengguna mempunyai keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut
2. Yang bukan merupakan struktur navigasi adalah ...
A. Heirarcy
B. Composit
C. Linier
D. Deduktif
E. Non linier
Jawaban:
D. Deduktif
3. Kriteria penilaian media pembelajaran:
· Kelengkapan menu navigasi
· Fungsionalitas menu yang tersedia
· Kesederhanaan fungsi navigasi menu
· Aplikasi tidak mudah hang atau crash saat pengujian
· Link-link sudah berfungsi dengan benar
· Kemudahan pemahaman dan mempelajari menu navigasi
· Kemudahan pengoperasian aplikasi
Merupakan kriteria pada aspek ....
A. Desain Pembelajaran
B. Model Media Pembelajaran
C. Kelengkapan Media
D. Rekayasa Perangkat Lunak
E. Komunikasi Visual
Jawaban:
D. Rekayasa Perangkat Lunak
4. Gambar kecil yang digunakan untuk mempresentasikan window yang sedang berada dalam keadaan tertutup (closed) disebut ....
A. Menu
B. Icon
C. Window
D. Powerless
E. Pointer
Jawaban:
B. Icon
5. Strategi diperlukan dalam upaya proses menyampaikan pesan secara efektif dan efisien. Cara yang biasa dipergunakan yaitu ....
A. Merancang strategi yang relevan dan Kreatif
B. Menyusun Strategi yang idealis dan realistis
C. Membuat schedule yang efektif dan efisien
D. Melaksanakan strategi kreatif, idealis, dan efektif
E. Merancang Strategi Komunikasi dan Menyusun Strategi Kreatif
Jawaban:
E. Merancang Strategi Komunikasi dan Menyusun Strategi Kreatif
6. Rancanglah interface sistem sesuai dengan tugas dari user, jangan sampai user kesulitan untuk menggunakannya, karena hal ini dapat menyebabkan aplikasi yang kita buat tidak akan terpakai dan akhirnya tidak dapat membantu pekerjaan / tugas user merupakan prinsip...
A. User Compatibility
B. Taks Compability
C. Product Compability
D. Work flow
E. Consistency
Jawaban:
B. Taks Compability
7. Seorang perancang sistem harus benar-benar paham tentang pengetahuan, cara berpikir dan cara menerima informasi dari user sehingga sistem yang nantinya akan digunakan oleh user dapat membuat user lebih produktif adalah jenis sistem perancangan user interface bersifat....
A. Product Compability
B. User Compatibility
C. Work flow
D. Taks Compability
E. Consistency
Jawaban:
B. User Compatibility
8. Istilah prototype dimaknai sebagai bentuk awal atau standart ukuran sebuah produk, selain itu juga dikenal istilah prototyping yang mempunyai makna….
A. Proses dalam membuat versi produk/jasa
B. Proses pembuatan sebuah produk/jasa
C. Proses pembuatan bentuk awal dari sebuah produk
D. Hasil prototype produk/jasa
E. Prototype yang dikembangkan pada produk/jasa
Jawaban:
C. Proses pembuatan bentuk awal dari sebuah produk
9. Keterangan yang tidak di cantumkan dalam story board ....
A. Schedule
B. Keterangan visual
C. Sinopsis
D. Keterangan audio
E. Durasi
Jawaban:
A. Schedule
10. Interaksi yang di lakukan dengan mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control. Dll adalah tipe interaktif....
A. Direct manipulation
B. Menu selection
C. Command language
D. Form fill-in
E. Natural language
Jawaban:
D. Form fill-in
11. Konsep story board yang baik adalah ....
A. Konsep yang idealis tetapi juga realistis dengan keadaan yang ada di sekitarnya
B. Konsep dengan mempertimbangkan komponen 5W + 1 H
C. Konsep yang bisa dengan mudah di pahami oleh seluruh team pelaksana project dan sasaran project yang akan di gunakan
D. Konsep yang matang dengan mengambil gagasan dari permasalahan yang ada di sekitar kita
E. Konsep yang mampu memberikan jawaban/jalan keluar terhadap problem-problem yang ada sesuai dengan kebutuhan SME/audience
Jawaban:
E. Konsep yang mampu memberikan jawaban/jalan keluar terhadap problem-problem yang ada sesuai dengan kebutuhan SME/audience
12. Media interaktif yang mampu melakukan perubahan secara real time atau transformasi informasi sebagai tanggapan atas tindakan siswa berada pada level ....
A. manipulasi
B. umpan balik
C. adaptasi
D. integrasi
E. komunikasi
Jawaban:
A. manipulasi
13. Media interaktif yang bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, menyampaikan materi, mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik sesuai dengan jawaban pengguna, memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi istilah, latihan dan branching yang sesuai merupakan model media interaktif ....
A. drill and practice
B. tutorial
C. simulasi
D. hybrid
E. instructional games
Jawaban:
B. tutorial
14. Sistem pangkalan data yang dapat dikonsultasikan oleh pengguna, dimana pangkalan data tersebut berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna merupakan model media interaktif ....
A. hybrid
B. socratic
C. inquiry
D. tutorial
E. drill and practice
Jawaban:
C. inquiry
15. Kriteria penilaian media pembelajaran:
· Kejelasan ujuan pembelajaran
· Kesesuaian materi yang dipaparkan dengan kompetensi dasar
· Materi yang diberikan tepat dan sistematis
· Kedalaman materi yang diberikan
· Umpan balik/pertanyaan di akhir materi
Merupakan kriteria pada aspek ....
A. Kelengkapan Media
B. Rekayasa Perangkat Lunak
C. Model Media Pembelajaran
D. Desain Pembelajaran
E. Komunikasi Visual
Jawaban:
D. Desain Pembelajaran
16.
Perhatikan gambar disamping symbol tersebut adalah
A. Proses
B. Data
C. Decision
D. Document
E. Multy document
Jawaban:
C. Decision
17. Jenis-jenis sistem operasi yang mendukung Adobe Flash antara lain sebagai berikut, kecuali ....
A. Mac OS X
B. Solaris
C. Symbian
D. DOS 6.22
E. Windows Mobile
Jawaban:
D. DOS 6.22
18. Yang bukan komponen pendukung dari Multimedia interaktif adalah ....
A. perfective
B. interaktif
C. audio
D. image
E. video
Jawaban:
A. perfective
19. Interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games . merupakan tipe interaktif....
A. Menu selection
B. Form fill-in
C. Direct manipulation
D. Natural language
E. Command language
Jawaban:
C. Direct manipulation
20. Dalam proses kegiatan prototyping, perlunya mengumpulkan data berupa kebutuhan dari sistem yang akan digunakan. Hal tersebut masuk dalam tahapan…
A. Mendengarkan pelanggan
B. Merancang prototype
C. Membuat prototype
D. Ujicoba
E. Sampling
Jawaban:
A. Mendengarkan pelanggan
21. Tab Insert > Input > Data Entry > Text Entry Field adalah langkah pada Articulate Storyline 3 untuk ....
A. Membuat form input data
B. Menampilkan jawaban yang telah diinputkan
C. Memasukkan data
D. Menginputkan data pada layer
E. Membuat variabel Tex Entry
Jawaban:
A. Membuat form input data
22. Stage digunakan memainkan objek-objek yang akan diberi animasi, nama lain Stage adalah . . . .
A. Layar atau panggung
B. Layer
C. Time Line
D. Frame
E. Tools
Jawaban:
E. Tools
23. Berikut ini adalah unsur yg ada pada Multimedia Interaktif
A. Teks, grafik
B. Audio, database
C. Image, guide
D. Video, mask
Jawaban:
A. Teks, grafik
24. Jenis file video yang bisa dibaca oleh Flash Player antara lain berformat berikut, kecuali ....
A. avi
B. flv
C. mp4
D. mpg
E. wav
Jawaban:
E. wav
25. Berikut yang bukan termasuk unsur-unsur desain adalah....
A. garis
B. ruang
C. tekstur
D. warna
E. lingkaran
Jawaban:
E. lingkaran
26. Dibawah ini yang termasuk dalam media visual adalah..
A. grafik,diagram,tape recorder,poster,kartun,komik
B. grafik,diagram,chart,poster,lab.bahasa,komik
C. grafik,diagram,chart,poster,kartun,komik
D. grafik,radio,chart,poster,kartun,komik.
E. grafik,tap recorder,lab.bahasa,radio,komik
Jawaban:
C. grafik,diagram,chart,poster,kartun,komik
27. Aplikasi microsoft office yang sering digunakan untuk multimedia interaktif adalah...
A. Notepad
B. PowerPoint
C. Word
D. Eclipse
E. Excel
Jawaban:
B. PowerPoint
28. Memberikan sistem sederhana yang tidak membuat si pemakai kebingungan. Hal yang membuat si pemakai bosan ialah dengan sistem yang tidak sederhana ataubisa di bilang dengan berbelit. Tetapi si pemakai akan merasa senang apabila sistem itu mempunyai nilai kesederhanaan. Hal ini sesuai dengan prinsip...
A. User Friendly
B. Direct Manipulation
C. Consistency
D. Simplicity
E. Work Flow
Jawaban:
D. Simplicity
29. Berikut yang bukan termasuk komponen dari jendela utama akan muncul pada saat program Adobe Flash CS 6 adalah ....
A. Stage dan Panel Timeline
B. Panel Properties dan Panel Actions
C. Panel Color dan Library
D. Menu bar dan Toolbox
E. Panel library dan dashboard
Jawaban:
B. Panel Properties dan Panel Actions
30. Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk merupakan ciri dari user interface berbasis .....
A. Media Creator Command
B. User Experience Exercise
C. Graphical User Interface
D. Command User Table
E. Command Line Interface
Jawaban:
C. Graphical User Interface
31. Default untuk penyimpanan file dari software flash adalah..
A. Jpg
B. Avi
C. Swf
D. Cdr
E. Fla
Jawaban:
E. Fla