178 Soal (PG) Animasi 3D Lengkap Jawaban
Latihn Soal Pilihan Ganda Bab Animasi 3D
120. Proses menentukan karakteristik sebuah materi object dari segi permukaan disebut...
A. texturing
B. dimension
C. layers
D. camera
Jawaban:
A. texturing
121. Menu yang terdapat pad header di aplikasi blender kecuali ?
A. File
B. Option
C. add
D. Render
Jawaban:
B. Option
122. Apa singkatan dari CGI ?
A. computer graphic instant
B. computer generated image
C. communication graphic image
D. communication generated image
Jawaban:
B. computer generated image
123. Pembuat animasi disebut..?
A. Animator
B. Animisme
C. Animasis
D. Animotor
Jawaban:
A. Animator
124. Bidang keilmuan yang menggunakan visualisasi 3D, kecuali...
A. Desain Interior / Arsitektur
B. Desain Produk
C. Film / Periklanan
D. Matematika
Jawaban:
D. Matematika
125.
Ilustrasi tersebut merupakan visualisasi 3D di bidang?
A. Desain Interior
B. Desain Taman
C. Desain Produk
D. Desain Layout
Jawaban:
A. Desain Interior
126. Fungsi user preference adalah
A. Mengedit keyframe
B. Membuka dan menyimpan data file
C. Mengatur setting aplikasi blender
D. Tempat utama objrk 3d
E. Untuk display phyton scripting
Jawaban:
C. Mengatur setting aplikasi blender
127. Untuk mengedit objek secara keseluruhan menggunakan?
A. Edit object
B. Mode object
C. Object mode
D. Mode edit
E. Edit mode
Jawaban:
C. Object mode
128. Dasar transformasi dalam blender meliputi hal hal di bawah ini kecuali....
A. Move
B. Greb
C. Join
D. Rotation
E. Scale
Jawaban:
C. Join
129. Sebuah objek dapat dipilih dan ditetapkan dari pilihan properti tertentu antara lain...
A. Reflectivity
B. Tekture
C. Warna
D. Bentuk
E. Modelling
Jawaban:
A. Reflectivity
130.
Pada gambar diatas merupakan penerapan dari prinsip animasi…
A. Squash And Stretch
B. Solid Drawing
C. Arc
D. Follow Through
E. Overlapping
Jawaban:
D. Follow Through
131. Menu yang terdapat pada blender kecuali...
A. File
B. Add
C. Render
D. Oftion
E. Help
Jawaban:
D. Oftion
132. Berikut ini adalah tampilan blender secara default kecuali...
A. Lamp
B. Cursor
C. Camera
D. Face
E. Cube
Jawaban:
D. Face
133. Siapakan pendiri perusahaan dari aplikasi blender..?
A. Thomas fox
B. Jenneii solo
C. Ton roosendaal
D. Ribeit ronshon
E. Rhobin lexza
Jawaban:
C. Ton roosendaal
134.
Jika kita ingin menyimpan file dengan nama yang berbeda, bisa menggunakan…
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
135. Sumbu yang berfungsi untuk menggeser objek ke kanan dan ke kiri pada software blender adalah...
A. Sumbu Y
B. Sumbu B
C. Sumbu X
D. Sumbu A
E. Sumbu Z
Jawaban:
C. Sumbu X
136. Tampilan interface blender lebih mirip pada...
A. Maya
B. Auto Cad
C. 3DS Max
D. Flash
E. Zbrush
Jawaban:
A. Maya
137. Fitur untuk membuat model menjadi lebih halus yang sudah disediakan oleh blender adalah..
A. Modifier
B. Perhalus
C. Rekursif
D. Finishing
E. Subdivision surface
Jawaban:
E. Subdivision surface
138.
Gambar diatas merupakan ilustrasi tampak
A. Tampak Atas
B. Tampak Depan
C. Tampak Samping
D. Perspektif
Jawaban:
D. Perspektif
139. Perangkat lunak pencipta animasi 3d dengan kemampuan yang powerfull dan tidak terbayar pengertian dari....
A. Animasi 3d
B. Software Blender
C. Platform
D. Opensource
E. Simulasi Visual
Jawaban:
B. Software Blender
140. Fitur pose mode berguna untuk mengatur...
A. Membuat picture
B. Menganimasikan tulang
C. Mempertebal huruf
D. Membuat video
E. Membuat animasi
Jawaban:
B. Menganimasikan tulang
141. Fungsi tombol ctrl+8 digunakan untuk...
A. Menggeser view objek ke atas
B. Menggeser view objek ke samping kanan kiri
C. Menggeser view objek ke samping kiri
D. Menggeser view objek ke samping kanan
E. Menggeser view objek ke bawah
Jawaban:
E. Menggeser view objek ke bawah
142. Untuk melakukan rotasi objek key yang dapat kita gunakan adalah...
A. G
B. S
C. X
D. R
E. A
Jawaban:
D. R
143. Untuk menduplikasi objek dapat menekan...
A. Ctrl+r
B. Ctrl+del
C. Shift+del
D. Ctrl+d
E. Shift+d
Jawaban:
E. Shift+d
144.
Gambar 1 menunjukkan pose…
A. Contact
B. Down
C. Pass Pose
D. Up
E. Pass Grade
Jawaban:
A. Contact
145. Bahasa script yang di pakai pada blender disebut...
A. Html
B. Jaya
C. Gnu
D. Phyton
E. Data Script
Jawaban:
D. Phyton
146. Test model blender berbentuk....
A. Teapot
B. Box geometry
C. Kepala monyet
D. Silinder
E. Semua salah
Jawaban:
C. Kepala monyet
147. Beberapa fitur yang paling sering digunakan untuk modelling antara lain...
A. Video 2D
B. Tekstur
C. Bentuk
D. View
E. Video 3D
Jawaban:
D. View
148. Apa yang dimasud dengan Face?
A. gabungan garis-garis yang membentuk luasan
B. Gabungan Bidang yang membentuk luasan
C. gabungan titik-titik yang membentuk luasan
D. gabungan titik-titik yang membentuk garis
Jawaban:
C. gabungan titik-titik yang membentuk luasan
149. Shortcut key yang digunakan untuk menambah objek adalah
A. F12
B. S
C. R
D. Shift + A
Jawaban:
D. Shift + A
150.
Gambar disamping adalah sebuah Polygon Cube, subdivision Width, Height, dan Depth dari Polygon Cube disamping adalah…
A. 2, 2, dan 2
B. 2, 2, dan 3
C. 2, 2, dan 4
D. 2, 2, dan 5
E. 2, 2, dan 6
Jawaban:
A. 2, 2, dan 2
151. Tube adalah perintah untuk membuat cylinder tabung yang memiliki lubang ditengah, perintah tersebut terdapat pada klompok...
A. Splines
B. Standart primitives
C. Extended primitives
D. Compound object
E. Particle systems
Jawaban:
B. Standart primitives
152. Tehnik memahat dalam animasi 3D disebut
A. Sculpting
B. NURBS
C. Primitif
D. Bezier
Jawaban:
A. Sculpting
153. Merupakan teknik dasar pemodelan 3d dengan menggunakan obyek-obyek solid yang sudah ada pada Standar geometri sehingga disebut juga dengan Constructive Solid Geometry. Obyek-obyek tersebut adalah box, sphere, cylinder, plane, dsb
A. Primitive Modeling
B. NURBS Modeling
C. Polygon Modeling
D. Sclupting Modeling
E. Spline Modeling
Jawaban:
A. Primitive Modeling
154. Dalam software pengolah gambat 3D dikenal istilah viewport, adalah...
A. Tampilan yang memperlihatkan objek
B. Ruang 3D yang memperlihatkan objek-objek yang akan dibuat
C. Jendela yang berisi berbagai macam menu 3D
D. Tombol yang memberi perintah secara cepat
E. Untuk memodifikasi suatu objek
Jawaban:
B. Ruang 3D yang memperlihatkan objek-objek yang akan dibuat
155.
156. Pada objek benda 3D hanha bisa dirubah posisi dan diatur skalanya. sedangkan untuk mengubah bentuk model 3D yang sesuai dengan kebutuhan yaitu dengan cara mengubah posisi object mode dengan posisi.....
A. Sculpt mode
B. Vertex paint
C. Texture paint
D. Weight paint
E. Edit mode
Jawaban:
E. Edit mode
157. Salah satu fasilitas discreet 3DsMax yang berfungsi sebagai pengatur waktu animasi atau perangkat objek adalah.....
A. Light
B. Timeline
C. Material
D. Boolean
E. Dynamic object
Jawaban:
B. Timeline
158. Pada 3DsMax penunjuk arah kordinat disebut dengan.....
A. Grid
B. Transform gizmo
C. Align
D. Snap toogle
E. Modifler
Jawaban:
B. Transform gizmo
159.
Jika kita ingin mengedit dari scene yang sudah ada, bisa menggunakan…
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
Jawaban:
B. B
160. Merupakan proses menyusun bentuk suatu obyek
A. Modeling
B. Animation
C. Rendering
D. Edge
Jawaban:
A. Modeling
161. Perangkat lunak yang mendukung pemodelan dan animasi 3 D, diantaranya kecuali....
A. Blender
B. Carrara
C. Flash
D. Maya 3D
Jawaban:
C. Flash
162. Viewport pada software aplikasi 3DsMax dapat menampilkan hingga .......bagian
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
Jawaban:
B. 4
163.
Perhatikan gambar diatas, jika kita ingin membuat sebuah model 3D sebaiknya kita menggunakan workspace…
A. Maya classic
B. Modelling Standard
C. Modelling Expert
D. Sculpting
E. Semua jawaban benar
Jawaban:
E. Semua jawaban benar
164. Alasan yang tepat mengapa kita menggunakan mocap(motion capture) pada software aplikasi 3DsMax adalah.....
A. Lebih canggih
B. Untuk mengurangi biaya
C. Mempersingkat waktu pekerjaan dan memperoleh gerakan yang lebih natural
D. Untuk memperoleh gerakan yang natural
E. Mempersingkat waktu dalam animasi
Jawaban:
C. Mempersingkat waktu pekerjaan dan memperoleh gerakan yang lebih natural
165. Sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk pergeseran objek ke arah depan dan ke arah belakang merupakan sumbu ...
A. Y
B. X
C. Z
D. Tidak ada
Jawaban:
A. Y
166. Fasilitas untuk membuat perpindahan sesuai dengan grid disebut
A. Snap toogle
B. Ui layout
C. Viewports
D. Unut setup
E. Autokey
Jawaban:
A. Snap toogle
167. Pembuatan Model 3 Dimensi di mana bentuknya berbentuk kotak-kotak maupun geometrik disebut ...
A. Organic
B. Object Mode
C. Hardsurface
D. NURBS Modeling
Jawaban:
C. Hardsurface
168.
Jika kita ingin menyimpan file, bisa menggunakan..
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
Jawaban:
C. C
169. Dibawah ini termasuk Primitive modeling kecuali
A. Box
B. Cone
C. Sphere
D. Face
Jawaban:
D. Face
170. Apa yang dimaksud Vertex?
A. Titik- titik yang terdapat pada sumbuk koordinat
B. Garis yang terdapat pada sumbu koordinat
C. Bidang yang terdapat pada sumbu koordinat
D. Permukaan yang terdapat pada sumbu koordinat
Jawaban:
A. Titik- titik yang terdapat pada sumbuk koordinat
171. Cara membuat Polygon Mesh adalah melalui ...
A. editable poly surface
B. editable mesh surface
C. force
D. bezier
Jawaban:
A. editable poly surface
172. 3DsMAX merupakan software program standar modeling 3D berbasis windows yang dibuat oleh ...
A. Autodesk Corporation
B. Autodesk Group
C. Autodesk Foundation
D. RICH Group
Jawaban:
A. Autodesk Corporation
173.
Gambar di atas digunakan untuk …..
A. Membatalkan perintah
B. Memudahkan pengeditan
C. Mengendalikan naskah
D. Menyeleksi obyek
E. Memformat obyek
Jawaban:
A. Membatalkan perintah
174. Shortcut key yang digunakan untuk memblok sebuah objek adalah
A. B
B. A
C. Z
D. S
Jawaban:
A. B
175. Bukan aplikasi animasi 3D
A. Blender
B. maya
C. 3DS Max
D. Adobe audition
Jawaban:
D. Adobe audition
176. Pada software 3DsMax terdapat tombol-tombol perintah utuk membuat objek, baik 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Cara membuat objek 2 dimensi yaitu pilih tombol Create – Shape – Splines. Adapun objek yang dapat dibentuk pada Splines adalah...
A. Box
B. Sphere
C. Star
D. Pyramids
Jawaban:
B. Sphere
177. Pada 3DsMax penujuk arah koordinat disebut dengan...
A. Create
B. Transform aizmo
C. Modiflier
D. Align
Jawaban:
B. Transform aizmo
178.
Gambar di atas digunakan untuk ….
A. Select and rotate
B. Select and move
C. Select and scale
D. Select by name
E. Select and link
Jawaban:
C. Select and scale
Sebelumnya: