91 Soal (PG) Desain Multimedia Interaktif Lengkap Jawaban
Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Desain Multimedia Interaktif
62. Tingkat interaktif media yang hanya berupa langkah-langkah penyelesaian masalah, pertanyaan, jawaban, tombol lanjut yang disembunyikan merupakan tingkat interaktif media ....
A. umpan balik
B. adaptasi
C. komunikasi
D. integrasi
E. manipulasi
Jawaban:
A. umpan balik
63. Strategi diperlukan dalam upaya proses menyampaikan pesan secara efektif dan efisien. Cara yang biasa dipergunakan yaitu ....
A. Merancang strategi yang relevan dan Kreatif
B. Menyusun Strategi yang idealis dan realistis
C. Membuat schedule yang efektif dan efisien
D. Melaksanakan strategi kreatif, idealis, dan efektif
E. Merancang Strategi Komunikasi dan Menyusun Strategi Kreatif
Jawaban:
E. Merancang Strategi Komunikasi dan Menyusun Strategi Kreatif
64. Yang merupakan gambaran dari storyboard adalah ....
A. Story board rencana kegiatan yang disusun seblum mengerjakan produk yang akan di buat
B. Story board di buat karena untuk kepentingan team kerja dalam kelompok supaya kerjaan menjadi lebih ringan
C. Story board belum memberikan gambaran nyata tentang durasi waktu yang akan di gunakan untuk sebuah produk
D. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta suara, grafis, animasi, dan video yang dibutuhkan
E. Story board di buat justru akan mengurangi waktu kegiatan proses produksi, sehinggan menjadi lebih lama
Jawaban:
D. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta suara, grafis, animasi, dan video yang dibutuhkan
65. Interaksi dilakukan dengan memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki tipe interaktif ...
A. Direct manipulation
B. Menu selection
C. Natural language
D. Command language
E. Form fill-in
Jawaban:
B. Menu selection
66. File audio berikut yang dapat dimasukkan ke Articulate Storyline adalah ....
A. AAC
B. MP3
C. OGG
D. WAV
E. semua benar
Jawaban:
E. semua benar
67. Interaksi di lakukan dengan jalan menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system adalah tipe interaktif...
A. Direct manipulation
B. Command language
C. Natural language
D. Menu selection
E. Form fill-in
Jawaban:
B. Command language
68. Seringkali sebuah aplikasi menghasilkan hasil yang berbeda dengan sistem manual atau sistem yang ada. Hal tersebut sangat tidak diharapkan karena dengan adanya aplikasi perangkat lunak diharapkan dapat menjaga produk yang dihasilkan dan mampu menghasilkan produk yang jauh lebih baik. Ini merupakan prinsip ....
A. User Compatibility
B. Product Compability
C. Taks Compability
D. Work flow
E. Consistency
Jawaban:
B. Product Compability
69. Strategi dan Proses Perancangan Story board mengacu pada KONSEP 5 W + 1 H ‘What, Why, Who, Which, Where, How. Salah satu aspek dalam mempertimbangkan sasaran pemakai produk yang akan di buat termasuk dalam ....
A. Who
B. Why
C. Where
D. When
E. How
Jawaban:
A. Who
70. Kriteria penilaian media pembelajaran:
· Interaksi pengguna dengan aplikasi
· Ide/gagasan media kreatif
· Animasi/video yang digunakan sudah sesuai
· Format teks dan kombinasi warna
. Penggunaan backsound
Merupakan kriteria pada aspek ....
A. Rekayasa Perangkat Lunak
B. Desain Pembelajaran
C. Komunikasi Visual
D. Model Media Pembelajaran
E. Kelengkapan Media
Jawaban:
C. Komunikasi Visual
71. Perintah eksport movie dapat digunakan untuk mengirim suara berformat file ....
A. mp3
B. ogg
C. mp4
D. wav
E. mkv
Jawaban:
A. mp3
72. Perhatikan gambar diatas
Dimensi yang sesuai dengan contoh gambar prototipe diatas adalah…
A. Interaktif
B. Evolusi
C. Presisi
D. Representasi
E. Operasional
Jawaban:
C. Presisi
73. Produk Multimedia yang dimulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi disebut?
A. Multimedia Interaktif
B. Multimedia linier
C. Multimedia
D. Media massa
Jawaban:
B. Multimedia linier
74. Apa fungsi library didalam Flash
A. Tempat menyimpan Simbol
B. Tempat menyimpan gambar-gambar
C. Tempat Menyimpan Video
D. Tempat Menyimpan font & warna
E. Tempat Menyimpan simbol-simbol & gambar
Jawaban:
E. Tempat Menyimpan simbol-simbol & gambar
75. Jendela action pada adobe flash dapat dimunculkan dengan menekan tombol...
A. F6
B. F7
C. F8
D. F9
E. F10
Jawaban:
D. F9
76. Model pemblajaran yg bertujuan memberi pengalaman secara rill adalah
A. Model Intructional games
B. Model tutorial
C. Metode simulasi
D. Metode implementasi
Jawaban:
C. Metode simulasi
77. Pembuatan alur pada Multimedia Interaktif yg disertai gambar merupakan langkah pada
A. Storyline
B. Storyboard
C. Flowchart
D. Ilustrasi
Jawaban:
B. Storyboard
78. Pembuatan alur kerja program/aplikasi merupakan rangkaian proses pembuatan Multimedia Interaktif pada tahapan
A. Sketsa
B. Flowchart
C. Narasi
D. Storyboard
Jawaban:
B. Flowchart
79. Salah satu kegunaan dari program Flash adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Membuat animasi pendek
B. Membuat game
C. Membuat situs web interaktif
D. Membuat presentasi yang interaktif
E. Mengedit video clip
Jawaban:
E. Mengedit video clip
80. Film termasuk pada
A. Multimedia Interaktif
B. Multimedia Hiperaktif
C. Multimedia Linear
D. Multimedia Non Linear
Jawaban:
C. Multimedia Linear
81. Tombol kombinasi yang digunakan untuk import to stage
A. ctrl + enter
B. ctrl + s
C. alt + ctrl + x
D. shift + enter
E. ctrl + r
Jawaban:
E. ctrl + r
82. Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
A. Control > Test Movie
B. Control > Movie
C. Control > Test
D. Control > Debug Movie
E. Control > Test Scane
Jawaban:
A. Control > Test Movie
83. Fungsi short cut F8 adalah....
A. Insert keyframe
B. Insert Blank Keyframe
C. Convert to symbol
D. Insert Frame
E. Action
Jawaban:
C. Convert to symbol
84. Multimedia yang memiliki suatu struktur dari elemen2 terkait dg pengguna yg dapat mengarahkanya, disebut juga dengan
A. Multimedia Interaktif
B. Multimedia Linear
C. Multimedia Hiperaktif
D. Multimedia Non Linear
Jawaban:
C. Multimedia Hiperaktif
85. Dari Pertanyaan berikut ini, manakah yang bukan merupakan symbol dalam adobe flash...
A. Button
B. MovieClip
C. Shape
D. Graphic
E. semua jawaban
Jawaban:
C. Shape
86. Model pembelajaran interaktif berbasis komputer, dengan melalui latihan soal disebut juga dengan
A. Model Tutorial
B. Model Simulasi
C. Model Games
D. Model Drills
Jawaban:
B. Model Simulasi
87. Frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage adalah....
A. Frame
B. Blank Keyframe
C. Convert to Keyframe
D. Select all frame
E. Keyframe
Jawaban:
E. Keyframe
88. Yang termasuk dalam jenis multimedia adalah ....
A. koran
B. papan reklame
C. radio
D. televisi
E. majalah
Jawaban:
D. televisi
89. Deskripsi visual (sketsa) dan tekstual yang menggambarkan bagaimana suatu multimedia disusun, dapat berbentuk gambar yang sangat detail, tapi bisa juga berbentuk sketsa sederhana. berikut adalah pengertian dari....
A. Storyboard
B. Sketsa
C. Interaktif
D. Animasi
E. Fungsi storyboard
Jawaban:
A. Storyboard
90. Apa yang dimaksud dengan prinsip user compatibility dalam pembuatan antar muka aplikasi...
A. perangkat unak seolah-olah mengenal usernya mengenai karakteristik usernya, dari sifat sampai kebiasaan manusia secara umum
B. antar muka harus sesuai dengan sistem aslinya
C. antar muka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya
D. user lebih menyukai hal-hal yang bersift sederhana tetapi mempunyai kekuatan/bobot
E. semuanya benar
Jawaban:
A. perangkat unak seolah-olah mengenal usernya mengenai karakteristik usernya, dari sifat sampai kebiasaan manusia secara umum
91. Format bagi grafik ialah
A. .mpeg
B. .jpeg
C. .wmv
D. .pdf
Jawaban:
B. .jpeg
Sebelumnya: