91 Soal (Pilgan) Desain Multimedia Interaktif Beserta Jawaban
Contoh Soal PG Tentang Desain Multimedia Interaktif
32. Guna membuat garis bantu (guide. pada kotak stage dengan mangaktifkan baris ruler pada menu ....
A. edit
B. save
C. view
D. file
E. create
Jawaban:
C. view
33. Multimedia sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan depan kelas. Tetapi, multimedia juga dikatakan sebagai materi pembelajarna mandiri yang berarti . . .
A. Multimedia memberikan semua fasiltias yang dibutuhkan dalam pembelajaran
B. Pembelajaran di kelas hanya disampaikan melalui multimedia saja tidak dengan media yang lain
C. Seluruh kebutuhan instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket multimedia dimana seluruh fasilitas pembelajaran disediakan dalam paket
D. Multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan didepan kelas
E. Paket multimedia hanya menampilkan latihan dan tes serta tidak menampilkan materi
Jawaban:
C. Seluruh kebutuhan instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket multimedia dimana seluruh fasilitas pembelajaran disediakan dalam paket
34. Media interaktif merupakan alat batu berbasi multimedia yang bisa diterapkan di sekolah sebagai media pembelajaran. Karakteristik media interaktif ini yakni . . .
A. Penggunaanya hars dengan bimbingan orang ahli dibidangnya
B. Hanya dapat menampilkan teks saja, tidak dengan gambar dan video
C. Bersifat interaktif sehingga ada interaksi dengan pengguna.
D. Tidak ada unsur penggabungan teks dan gambar
E. Untuk mengaksesnya harus terhubung jaringan internet
Jawaban:
C. Bersifat interaktif sehingga ada interaksi dengan pengguna.
35. Gerakan animasi yang dapat digunakan dalam motion tween adalah..
A. warna
B. skala
C. rotasi
D. transparansi
E. posisi
Jawaban:
E. posisi
36. Perbandingan bagian per bagian atau bagian dengan keseluruhan merupakan prinsip menggambar bentuk, yaitu…
A. Proporsi
B. Komposisi
C. Bayangan
D. Perspektif
E. Kesatuan
Jawaban:
A. Proporsi
37. Bacalah kalimat di bawah ini dengan seksama:
1) Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas
2) Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna
3) Memberikan antar muka pengguna agar ringan
4) Memperbaiki produkti tas dari pengetahuan user
5) Memunculkaan jawaban yang dapat di manfaatkan
Pada kalimat di atas tujuan dan manfaat dari desain user interface yang paling benar adalah….
A. 2-4-5
B. 1-2-5
C. 3-4-5
D. 2-3-4
E. 1-2-4
Jawaban:
E. 1-2-4
38. Fungsi short cut F8 adalah....
A. Insert keyframe
B. Insert Frame
C. Convert to symbol
D. Insert Blank Keyframe
E. Action
Jawaban:
C. Convert to symbol
39. Jika end-user bebas melakukan pergerakan untuk bisa melihat isi materi dengan cara berkomunikasi melalui perangkat tersebut.
A. Multimedia Interaktif Combine
B. Multimedia Interaktif Hierarchyal
C. Multimedia Interaktif Linier
D. Multimedia Interaktif
E. Multimedia Interaktif Non Linier
Jawaban:
E. Multimedia Interaktif Non Linier
40. Untuk menghilangkan perulangan pada background- repeat, jenis property yang digunakan adalah ....
A. repeat all
B. repeat-x
C. repeat-y
D. no-repeat
E. point-repeat
Jawaban:
D. no-repeat
41. Microsoft powerpoint, microsoft excel dan microsoft word memiliki keseragaman tool dan tampilan tatap muka yang hampir mirip. Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembang aplikasi microsoft memegang prinsip interface yaitu….
A. Flexibility
B. Familiarity
C. Consistency
D. Responisiveness
E. Simplicity
Jawaban:
C. Consistency
42. Tombol yang digunakan untuk menjalankan Flash yang kita buat adalah
A. Ctrl - enter
B. shift - Enter
C. spasi & enter
D. enter
E. Alt & enter
Jawaban:
A. Ctrl - enter
43. Yang termasuk komponen multimedia dibawah ini adalah..
1.Animasi
2.Internet
3.Tools
4.Teks
5.Perangkat lunak
6.Gambar
7.Sofware
8.Video
9.Grak
10.Audio
A. 1,4,6,8,10
B. 10,9,7,1,3
C. 1,2,3,6,9
D. 2,3,5,6,7
E. 4,5,8,2,3
Jawaban:
A. 1,4,6,8,10
44. File yang terbentuk ketika kita merekam tugas ash berekstensi adalah..
A. .fla
B. .swf
C. .gif
D. .html
E. .exe
Jawaban:
B. .swf
45. Setelah video muncul di stage beserta skin yang telah dipilih sebelumnya dan setelah dilakukan uji coba ternyata tidak muncul, maka kesalahan utama terletak pada ....
A. salah gabung dan salah export
B. salah format dan salah folder
C. salah folder dan salah gabung
D. salah export dan salah import
E. salah input dan salah baca
Jawaban:
B. salah format dan salah folder
46. Lakukan analisis terhadap gambar tersebut apakah gambar tersebut telah memenuhi prinsip desain user interface?
A. Desain interface tersebut sudah memenuhi prinsip user interface yaitu Ease of Use, karena penggunaan aplikasi tersebut gampang digunakan
B. Desain interface tersebut belum memenuhi prinsip user interface, karena tidak eksibel dalam menjalankannya atau belum memnuhi prinsip Flexible
C. Desain interface tersebut sudah memenuhi prinsip user interface yaitu Familiarity, karena gambar yang digunakan sangat familiar dipandang
D. Desain interface tersebut belum memnuhi prinsip user interface, karena belum ada media yang dipakai dan belum memenuhi prinsip Direct Manipulation
E. Desain interface tersebut belum memenuhi prinsip user interface, karena terlalu banyak warna yang dipakai dan belum memenuhi prinsip Simplicity
Jawaban:
E. Desain interface tersebut belum memenuhi prinsip user interface, karena terlalu banyak warna yang dipakai dan belum memenuhi prinsip Simplicity
47. Guna melihat gambar yang sudah di import ke Library dapat dilakukan dengan menekan tombol kombinasi ....
A. ctrl + l
B. shift + ctrl + s
C. ctrl + j
D. ctrl + v
E. alt + ctrl + a
Jawaban:
A. ctrl + l
48. Di era digital, penyebaran informasi lebih cepat meskipun berada pada jarak yang jauh. Informasi ini tersebar melalui ….
A. Dikirim dan disebarluaskan melalui e- mail
B. Menggunakan aplikasi khusus untuk menyebarkan informasi
C. Aplikasi berbasis web yang diakses melalui internet dan intranet
D. Menggunakan smartphone dan PC
E. Pengaksesan aplikasi yang dapat diunduh dari internet
Jawaban:
C. Aplikasi berbasis web yang diakses melalui internet dan intranet
49. Model simulasi pada media pembelajaran bertujuan memberikan pengetahuan lebih dalam kepada siswa karena menampilkan tiruan dari objek sebenarnya yang dijadikan sebagai materi pembelajaran. Model pembelajaran jenis ini terbagi dalam empat kategori. Berikut ini yang merupakan bentuk dari kategori dalam model pembelajaran tersebut yakni . . .
A. Perencanaan, pembuatan simulasi dan penyampaian simulasi
B. Pertanyaan, jawaban dan kesimpulan
C. Pembukaan, pembahasan dan penutup
D. Fisik, situasi, prosesdur dan proses
E. Fisik, perencanaan, simulasi dan kesimpulan
Jawaban:
D. Fisik, situasi, prosesdur dan proses
50. Beberapa tombol yang terdapat di bagian skinning antaranya sebagai berikut , kecuali ...
A. sound
B. pause
C. repeat
D. stop
E. play
Jawaban:
C. repeat
51. Seorang perancang sistem harus benar-benar paham tentang pengetahuan, cara berpikir dan cara menerima informasi dari user sehingga sistem yang nantinya akan digunakan oleh user dapat membuat user lebih produktif adalah jenis sitem perancangan user interface bersifat..
A. Product Compability
B. Work ow
C. Tasks Compability
D. User Compability
E. Consistency
Jawaban:
D. User Compability
52. Model simulasi games adalah salah satu bentuk model pembelajaran interaktif berbasis computer yang bertujuan untuk . . .
A. Memberikan pengalaman secara riil melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk yang mendekati sebenarnya
B. Menyediakan suasana yang memberikan fasilitas belajar dalam rangka menambah kemampuan siswa
C. Memberikan pengenalan pola pembelajaran melalui permaianan yang dirancang sedemikian rupa
D. Memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui latihan soal untuk menguji siswa melalui kecepatan menyelesaikan latihan soal yang diberikan program
E. Memberikan kemudahan dalam menggunakan perangkat lunak berupa program yang berisi materi pelajaran
Jawaban:
A. Memberikan pengalaman secara riil melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk yang mendekati sebenarnya
53. Salah satu manfaat media pembelajaran yang dengan cepat kita ketahui adalah meningkatkan minat belajar siswa di kelas jika dibandingkan dengan penyamapaian materi seperti biasanya. Meskipun demikian, tetap saja ada kenadala yang menyebabkan media pembelajaran tersebut gagal dilakukan dan diterapkan di sekolah. Salah satu bentuk kendala yang sering muncul berupa .
A. Materi mata pelajaran tidak dapat dibuat menjadi bentuk media interaktif sebagai media pembelajaran
B. Kurangnya minat guru untuk memanfaatkan media pembelajaran
C. Kurangnya kebijakan untuk penyampaian pembelajaran yang diterapkan di sekolah
D. Membuat sebuah media pembelajaran membutuhkan waktu yang relative lama
E. Minimnya pengetahuan guru dalam membuat media pembelajaran
Jawaban:
E. Minimnya pengetahuan guru dalam membuat media pembelajaran
54. Apa fungsi library didalam Flash ...
A. Tempat menyimpan gambar-gambar
B. Tempat Menyimpan Video
C. Tempat menyimpan Simbol
D. Tempat Menyimpan simbol-simbol & gambar
E. Tempat Menyimpan font & warna
Jawaban:
D. Tempat Menyimpan simbol-simbol & gambar
55. Berikut ini yang bukan potensi & manfaat multimedia pembelajaran interaktif adalah
A. Menghibur
B. Mempengaruhi
C. Informasi
D. Menarik
E. Memasarkan Produk
Jawaban:
D. Menarik
56. Konsep multimedia interaktif berbasis halaman dan media interaktif identik dengan pemahaman tentang pemanfaatan komputer dalam pembuatan dan penggabungan dari bagian berikut, kecuali....
A. teks
B. gambar
C. user
D. video
E. animasi
Jawaban:
C. user
57. Multimedia Interaktif terbahagi kepada dua jenis iaitu?
A. Teks dan Animasi
B. Video dan Grafik
C. Linear dan Tak Linear
D. Perniagaan dan Perubatan
Jawaban:
C. Linear dan Tak Linear
58. Aplikasi medsos seperti WA, Telegram, Twitter termasuk media ...
A. sosial
B. umum
C. khusus
D. interaktif
E. provokatif
Jawaban:
D. interaktif
59. Media interaktif yang memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk memotivasi dan meningkatkan belajar merupakan model media ....
A. instructional games
B. tutorial
C. simulasi
D. drill and practice
E. hybrid
Jawaban:
A. instructional games
60. Media interaktif yang mampu menyediakan tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan peserta sebelumnya, secara dinamis menyesuaikan pilihan tugas pembelajaran, prosedur dan format instruksional berdasarkan informasi tentang tindakan dan kebiasaan peserta secara online berada pada tingkat ....
A. manipulasi
B. integrasi
C. komunikasi
D. adaptasi
E. umpan balik
Jawaban:
D. adaptasi
61. Ada banyak desain logo murah yang mungkin ditawarkan untuk membuat logo usaha. Namun dalam membuat logo, anda haruslah memilih desain yang tepat, dengan begitu konsumen akan mudah tertarik dengan produk yang ditawarkan. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat logo yaitu…
A. Terjangkau, merk dan mahal
B. Target pasar, media dan branding
C. Merk, mahal dan target pasar
D. Target pasar, warna dan desain
E. Mencolok, mahal dan model
Jawaban:
D. Target pasar, warna dan desain
Selanjutnya: