70 Soal (Esai) Perbandingan Administrasi Negara Lengkap Jawaban

Latihan Soal (Essay) Bab Perbandingan Administrasi Negara

48. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi masyarakat tinggi dan tingkat partisipasi masyarakat rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi masyarakat tinggi melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan pelayanan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi masyarakat rendah mungkin kurang melibatkan partisipasi publik dalam administrasi negara.


49. Uraikan Perkembangan Perbandingan Administrasi Negara !

Jawaban:
Untuk mengembangkan Ilmu Perbandingan Administrasi Negara (kebutuhan praktis), studi ini dikembangkan terutama setelah PDII untuk developing countries. Negara-negara Eropa dalam PBB meluaskan bantuan teknisnya (ekonomis dan administrasi) ke negara sedang berkembang. Bantuan bidang Administrasi Negara dalam bentuk mengadakan latihan yang diselenggarakan PBB/negara maju dengan mengirimkan tenaga ahli ke negara berkembang. Berupa pengalaman praktis di negara mereka masing-masing dari teori Administrasi yang tumbuh di Eropa. Sebelum awal abad ke 20, Administrasi Negara belum memiliki identitas karen masih terjalin dalam Studi Pemerintahan dengan Struktural Institutional Approach bersifat legalitas, formalitas dan statis, yaitu mempelajari lembaga institusional yang ditetapkan secara formal sesuai ketentuan di bidang legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Administrasi Negara erat terkait denan bidang eksekutif. Tahun 1947 Administrasi Negara Perbandingan dikembangkan, namun masih menjadi bagian Ilmu Perbandingan Pemerintahan yang terikat dengan pendekatan struktural institusional, di samping individualistik sebagai menghambat perkembangan ilmu Administrasi Negara Perbandingan. Namun studi Sistem Administrasi Negara sudah dapat memberikan manfaat, walaupun masih sebagai titik awal perkembangannya. Cara ini belum memberikan hasil guna memperkuat kedudukan Ilmu Administrasi Negara Perbandingan dengan azas universal atau bersifat umum. Sistem Administrasi Negara suatu negara adalah terikat pada prinsip-prinsip Culture Bound (terikat pada lingkungan kebudayaan negara tersebut) yang menunjukkan sifatnya yang masih indifidualistis. Sondang P. Siagian dalam bukunya Filsafat Administrasi, bahwa tahun 1886 adalah tahun lahirnya Scientific Management dipelopori FrederickWinslow Taylor, kelahiran ini adalah sebagai mile pole (lahirnya ilmu Administrasi) dan antara tahun 1886-1950 adalah tahap survival.

 
50. Mengapa penting untuk mempelajari perbandingan administrasi negara?

Jawaban:
Kegunaan Ilmu Perbandingan Administrasi Negara adalah : untuk menjelaskan dan memahami karakteristik suatu Negara dalam hubungannya dengan kerjasama antar Negara (interstate cooperation)


51. Berdasarkan isi dari metoda perbandingan administrasi Negara, menurut Ferrel Heady dapat dibedakan ke dalam empat jenis metoda, yaitu?

Jawaban:
(1) Modified Traditional (MT - Metoda Tradisional yang Dimodifikasi),
(2) Development Oriented (DO - Metoda Berorientasi pada Pembangunan), 
(3) General System Model Building (GSMB – Metoda Sistem Umum menggunakan Model), dan 
(4) Middle Range Theory Formulation (MRTF - Metoda Formulasi Teori Bentuk Tengah).


52. Jelaskan Metoda Perbandingan Administrasi Negara yang Tradisional yang Dimodifikasi (Modified Traditional)!

Jawaban: 
Metoda ini merupakan metoda yang sudah ada dan dipakai dalam studi perbandingan ilmu politik dan pemerintahan pada waktu itu. Ciri-ciri legal, formal, institusional, struktural dan fungsional sangat kentara. Upaya untuk memperbaiki metoda pinjaman ini dengan melakukan penyesuaian dengan kondisi dan kebutuhan perbandingan administrasi negara baik sebagai suatu keseluruhan ataupun pada aspek-aspek tertentu saja. Kelemahan Pendekatan Tradisional, antara lain 
(1) Tidak semua lembaga yang ada di Barat terdapat juga di negara lain (terutama pada negara sedang berkembang), 
(2) Mungkin ada kesamaan dalam struktur tapi mungkin fungsi masing-masing berbeda, 
(3) Di dalam berbagai sistem politik pasti dapat diketemukan fungsi yang sama, meskipun dilakukan oleh lembaga yang berbeda dengan cara yang berbeda pula. Kelemahan lain yang terkait dengan metoda ini menurut Dwight Waldo adalah bahwa perbandingan administrasi bersifat Culture bound (terikat pada kebudayaan tertentu), legalistik dan formalistik, deskriptif, tidak mendalam, dan tidak betul-betul komparasi. Metoda perbandingan yang culture bound adalah cara membandingkan sasaran perbandingan yang terdapat di dalam lingkungan kebudayaan tertentu atau metoda perbandingan yang terikat dengan kebudayaan tertentu (dalam hal ini adalah memusatkan pada negara-negara maju yang didominasi oleh budaya barat/Eropa). Metoda perbandingan yang legalistik dan formalistik, memberikan perhatian kepada lembaga-lembaga politik, pemerintahan dan adfministrasi negara yang ditentukan secara formal berdasarkan ketentuan perundang-undangan. Oleh karena perhatiannya diutamakan kepada yang formal,  maka yang diperhatikan adalah lembaga-lembaga politik dalam keadaan yang statik sehingga mengabaikan hubungannya dengan konteksnya. Dengan perkataan lain melepaskan hubungannya dengan kondisi sosial, ekonomi dan kebudayaan yang melingkupi, padahal setiap struktur hanya dapat difahami dengan sebaik-baiknya jika dipelajari jalinan hubungannya dengan kondisi ekologinya. Metoda perbandingan yang bersifat deskriptif merupakan cara perbandingan dengan jalan hanya menggambarkan atau melukiskan saja. Kelemahannya adalah tidak mengarah pada analisis tertentu, sehingga hasilnya tidak dapat dipergunakan untuk memberikan kejelasan, dan lebih jauh lagi tidak dapat dipergunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara umum. Kelemahan keempat metoda perbandingan tradisional tidak cukup mendalam sehingga tidak berhasil menemukan kesamaan dan perbedaan dalam fungsi dari sistem politik yang diperbandingkan. Sedangkan kelemahan yang terkahir metoda tradisional berusaha mempelajari sistem demi sistem sehingga tidak bersiafat analitis. Karena yang dipelajari adalah sistem demi sistem secara individual maka dapat disebut metoda ini bersifat individualistik sehingga terkesan tidak betul-betul melakukan perbandingan.


53. Penggunaan suatu model dalam melaksanakan perbandingan administrasi negara ditemukan dan digunakan  dalam dua metoda terakhir yaitu?

Jawaban:
General System Model Building dari Fred W Riggs dan Midle Range Theory Formulation dari Ferrel Heady


54. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara yang menganut sistem hukum umum dan sistem hukum kodifikasi?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara yang menganut sistem hukum umum mengandalkan preseden dan keputusan pengadilan, sedangkan administrasi negara di negara yang menganut sistem hukum kodifikasi lebih didasarkan pada peraturan hukum yang tertulis.


55. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat pendidikan tinggi dan tingkat pendidikan rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat pendidikan tinggi cenderung memiliki sumber daya manusia yang lebih berkualifikasi, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat pendidikan rendah mungkin menghadapi tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia.


56. Lahirnya studi perbandingan dalam administrasi Negara didorong oleh?

Jawaban
Kebutuhan para ilmuwan maupun praktisi administrasi Negara yang ada di berbagai Negara di dunia. 


57. Jelaskan Metoda Perbandingan Administrasi Negara yang Berorientasi pada Pembangunan (Development Oriented)!

Jawaban: 
Metoda yang kedua menyatakan bahwa pusat perhatian dari studi perbandingan administrasi negara diarahkan pada proses/usaha pembangunan berbagai negara bangsa, terutama pada negara-negara yang relah lama berdiri dan merdeka yang dalam hal ini adalah negara-negara di belahan barat dunia yaitu di Eropa dan Amerika. Pada negara-negara tersebut dilakukan penglihatan/observasi secara langsung terhadap apa yang sudah dilakukan dalam pengalaman-pengalaman empiris berbagai negara bangsa terutama yang sudah lebih dahulu membangun. Secara lebih spesifik lagi dengan mempelajari faktor-faktor yang mendorong dan mendukung baik keberhasilan maupun kegagalan yang dialami pada program pembangunan di negara bangsa yang lebih maju. Pusat perhatian dari metoda ini pada usaha-usaha untuk menemukan dan mengenali (1) kondisi dan persyaratan yang dibutuhkan dalam usaha-usaha untuk mencapai tingkat kemajuan yang optimal, dan (2) kondisi yang menyertai atau mempengaruhi kemajuan atau tingkat perkembangan yang telah dicapai. Hasil dari pengamatan dan pembelajaran dengan Negara lain itu kemudian dipilih yang sekiranya sesuai dengan kondisi negara untuk dapat ditrapkan sesuai dengan situasi, kebutuhan dan kondisi dari negara-negara yang membutuhkannya. Metoda ini memberikan sumbangan yang besar terhadap perkembangan administrasi negara sebagai ilmu yaitu berkembangnya kajian administrasi pembangunan.


58. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara yang memiliki sistem birokrasi patronase dan sistem birokrasi meritokrasi.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan sistem birokrasi patronase didasarkan pada hubungan politik dan koneksi pribadi, sedangkan administrasi negara di negara dengan sistem birokrasi meritokrasi lebih didasarkan pada kemampuan dan prestasi individu.


59. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat pengelolaan risiko bencana tinggi dan tingkat pengelolaan risiko bencana rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat pengelolaan risiko bencana tinggi cenderung memiliki rencana mitigasi dan tanggap darurat yang efektif, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat pengelolaan risiko bencana rendah mungkin lebih rentan terhadap dampak bencana alam.


60. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat kebijakan publik inovatif tinggi dan tingkat kebijakan publik inovatif rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat kebijakan publik inovatif tinggi cenderung mendorong inovasi dalam pengembangan kebijakan dan pelayanan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat kebijakan publik inovatif rendah mungkin mengalami keterbatasan dalam inovasi dan perubahan kebijakan.


61. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan ekonomi tinggi dan tingkat keberlanjutan ekonomi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan ekonomi tinggi mungkin memiliki kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan ekonomi rendah mungkin menghadapi tantangan dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.


62. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan tinggi dan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan tinggi cenderung dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sosial, ekonomi, dan politik yang cepat, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat adaptabilitas terhadap perubahan rendah mungkin menghadapi kesulitan dalam menghadapi perubahan dan inovasi.


63. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi keuangan tinggi dan tingkat transparansi keuangan rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi keuangan tinggi cenderung lebih terbuka dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi keuangan rendah mungkin menghadapi tantangan dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan bebas dari korupsi.


64. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat penggunaan teknologi informasi tinggi dan tingkat penggunaan teknologi informasi rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat penggunaan teknologi informasi tinggi dapat meningkatkan efisiensi administrasi dan pelayanan publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat penggunaan teknologi informasi rendah mungkin mengalami keterbatasan dalam akses dan penggunaan teknologi informasi.


65. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat keadilan sosial tinggi dan tingkat keadilan sosial rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat keadilan sosial tinggi lebih fokus pada distribusi yang adil dan kesetaraan sosial, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat keadilan sosial rendah mungkin menghadapi kesenjangan sosial yang lebih besar.


66. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi tinggi dan tingkat transparansi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi tinggi cenderung lebih terbuka dan akuntabel, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat transparansi rendah mungkin kurang terbuka dalam hal kebijakan dan pengelolaan publik.


67. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat migrasi tinggi dan tingkat migrasi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat migrasi tinggi mungkin menghadapi tantangan dalam pengelolaan populasi dan integrasi sosial, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat migrasi rendah memiliki populasi yang lebih stabil dan homogen.


68. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat pengangguran tinggi dan tingkat pengangguran rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat pengangguran tinggi perlu fokus pada kebijakan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat pengangguran rendah mungkin lebih fokus pada pengembangan keterampilan dan peningkatan produktivitas.


69. Apa peran administrasi negara dalam menjaga stabilitas politik suatu negara?

Jawaban: 
Administrasi negara bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas politik melalui pelaksanaan kebijakan publik, penegakan hukum, dan pengaturan proses demokrasi.


70. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan lingkungan tinggi dan tingkat keberlanjutan lingkungan rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan lingkungan tinggi lebih fokus pada perlindungan dan pengelolaan lingkungan, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat keberlanjutan lingkungan rendah mungkin menghadapi tantangan dalam pengelolaan sumber daya alam dan dampak lingkungan.